logoblog

Cari

KELUDAN, KETIMUS JAJAN PENGANTIN

KELUDAN, KETIMUS JAJAN PENGANTIN

KMKrens,lotim Lain Lubuk Lain ikannya lain Gubuk Lain ntannya (cara) termasuk kulinernya. pada kesempatan liputan kali ini KMKrens mencoba mengintip Dapu

Kuliner Tradisional

KELUDAN, KETIMUS JAJAN PENGANTIN


KM. Krens-Lotim
Oleh KM. Krens-Lotim
07 Januari, 2014 17:54:56
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 70134 Kali

KMKrens,lotim Lain Lubuk Lain ikannya lain Gubuk Lain ntannya (cara) termasuk kulinernya. pada kesempatan liputan kali ini KMKrens mencoba mengintip Dapu rakyat atau masyarakat lombok timur bagian selatan di mana ada dua jajanan istimewa yang wajib di buat oleh masyarakat untuk ngiring penganten kedua jajanan itu adalah ketimus dan keludan.

Ketimus dan keludan adalah pasangan oleh karena itu masyarakat lombok timur bagian selatan menyebut jajanan ini dengan sebutan jajan peganten kerena keludan biasanya berbentuk bulat panjang sepanjang setengah jengkal laki-laki dewasa dengan ukuran ibu jari sebagai ukuran besarnya. sementara ketimus di bentuk seperti limas atau segi tiga sebagai simbol untuk mempelai wanita dengan ukuran satu genggam atau dua sendok makan. kemudian kedua jajanan ini di masukkan dalam satu wadah dari anyaman bambu yang di sebut dengan keraro untuk masyarakat menengah kebawah sedangkan untuk masyarakat menengah keatas biasanya menggunakan onsongan untuk membawa kedua jenis jajan ini.

penasaran bagaimana membuatnya??? mari kita intip yuk...

pertama kukus tepung beras selama 10 menit kemudian di aduk dengan santang kelapa supaya lentur dan mudah di bentuk lalu sediakan irisan gula aren dan daun pisang, selanjutnya adonan di masukkan kedalam daun pisang dan di isikan dengan irisan gula aren dan di bentuk seperti diatas lalu di kukus sampai matang dan siap di santap..(Abu Ikbal)

 

Baca Juga :




 
KM. Krens-Lotim

KM. Krens-Lotim

KRens-Lotim lahir sekitar akhir tahun 2009, di Rensing Kec. Sakra Barat Lotim Ponggawanya : Muh. Amin, S. Pd ( Ketua ), Chairil Anwar, S. HI ( anggota ) e-mail: mabiwa_nwrensing@yahoo.com HP: 081916354961, 082341828093

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan