logoblog

Cari

Peluang Usaha "Kupi Bedeng"

Peluang Usaha

KM Sambang Kampung- “Ndek ngudut ndek ngupi pineng otak amaq….” Kata itu sering sekali kita dengar di masyarakat terlebih jika berkunjung

Kuliner Tradisional

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
27 Januari, 2014 13:17:37
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 23804 Kali

KM Sambang Kampung- “Ndek ngudut ndek ngupi pineng otak amaq….” Kata itu sering sekali kita dengar di masyarakat terlebih jika berkunjung ke daerah lain seperti di Pulau Sumbawa. Masyarakat Pulau Lombok identik sekali dengan minum kopi, tradisi turun temurun ini tidak biasa di lepaskan oleh masyarakat Suku Sasak. Kopi yang diminum itupun sangat khas yaitu Kopi Bedeng (Kopi Hitam). Kopi bedeng ini sangat digemari masyarakat terutama untuk dihidangkan pada tamu atau pada saat santai dirumah.

Kopi bedeng inipun mempunyai cerita yang menarik dimana menurut mitos yang berkembang di masyarakat bahwa kalau kita dihidangkan kopi oleh pemilik rumah maka wajib untuk diminum meskipun hanya satu serut (satu teguk/sendok), karena kalau tidak diminum maka akan mengalami kesulitan dalam pekerjaannya. Kupi bedeng ini terbuat dari kopi, beras, jahe, dan beberapa rempah lainya yang membuat rasa kopi bedeng ini sangat hangat.

Menurut Mustiem warga desa Teros Kecamatan Labuhan Haji  mengatakan bahwa” kopi bedeng harus di siapkan dirumah karena setiap ada tamu tidak ada lain yang harus disuguhkan yaitu kopi bedeng ini, oleh sebab itu setiap bulan saya menggoreng  kopi bedeng, selain untuk keperluan dirumah kopi bedeng inipun disajikan saat bekerja disawah”.

 

Baca Juga :


Namun demikian kopi bedeng ini masih belum dijadikan sebagai peluang usaha oleh masyarakat padahal kopi bedeng ini tidak kalah nikmatnya dengan kopi yang dibuat pabrik. Kopi bedeng masih hanya sekedar untuk hidangan disetiap rumah, semoga kopi bedeng ini terus diminati oleh masyarakat secara luas sehingga nantinya akan menjadi pelung usaha yang menjanjikan.(Uyik)



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan