logoblog

Cari

Jajanan Salome Makin Diminati

Jajanan Salome Makin Diminati

KM LENGGE WAWO,- Salome istilah ini sangat melekat pada anak-anak, remaja dan orang dewasa. Pasalnya, makanan yang satu ini pada umumnya

Kuliner Tradisional

KM LENGGE
Oleh KM LENGGE
01 Februari, 2014 23:33:07
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 73949 Kali

KM LENGGE WAWO,- Salome istilah ini sangat melekat pada anak-anak, remaja dan orang dewasa. Pasalnya, makanan yang satu ini pada umumnya di Bima dan khususnya di Kota Bima sudah menjadi primadona dikalangan masyarakat. Terbukti di sepanjang jalan, gang kampung maupun kantor sampai sekolah pasti menjajakan Salome.

Warga Kelurahan Rabadompu, Alamsah, mengatakan, Salome seperti kebanyakan yang bahan dasarnya dari daging, tetapi ada perkembangan baru Salome yang terbuat dari bahan dasarnya ikan segar, seperti yang dijajakan Aminah (60 tahun) seorang ibu rumah tangga asli Bima, namun berdomisilir di Manggarai yang merupakan daerah penghasil ikan segar khususnya ikan Tongkol, Tuna Putih.

Salome ikan itu, kata dia, bahan dasarnya ikan segar seperti ikan tongkol dan sangat bagus menggunakan ikan tuna putih, tepung maijena, soda, marica, bawang putih, penyedap rasa, gula, garam. “Biasanya ikan baunya amis namun dalam pembuatan salome untuk menghilangkan bau ikan ditambahkan dengan jahe,” ujar Alamsyah mengutip ucapan Aminah penggagas Saleme ikan segar itu di Kelurahan Rabadompu Timur.

Alamsyah menjelaskan, pertama-tama ikan diambil dagingnya saja terus dicampurkan dengan bahan-bahan yang lain seperti tepung maijena, soda secukupnya serta bumbu-bumbu yang sudah dialuskan (marica,bawang putih,penyedap rasa,gula dan garam) secukupnya, bahan tersebut dicampur dan diaduk secara merata. Setelah semua bahan dicampur dan diaduk rata, air didihkan setelah itu dibuat bentuk seperti bulat-bulat hingga sampai matang dan salome siap disajikan.

 

Baca Juga :


“Saleme ikan segar sangat bagus sebagai makanan selingan bagi keluarga dan alternatif salome baru ini mulai diminati anak-anak dan remaja,” katanya. Dia berharap ibu-ibu lain juga dapat mengembangkan berbagai sajian makanan selingan yang menyegarkan, seperti yang dilakukan ibu Aminah. (HMN)



 
KM LENGGE

KM LENGGE

KM Lengge Wawo Sekretariat : Jln Lintas Bima Sape KM 17 Komplek Lapangan Umum Wawo, Maria Utara Bima - Contac Person : 085338436666/081803884629 - Email : wawolengge@gmail.com - Koordinator : Edy Irfan Anggota : Galank, Ahyar, Benk, Jhuan

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan