logoblog

Cari

Pangaha Rea Ina Sei

Pangaha Rea Ina Sei

(KM.Sarangge)Mas’ah atau yang akrab disapa Ina Sei, 58 Tahun adalah seorang penjual Kue di RT 03 Kelurahan Sadia. Berjualan Kue telah

Kuliner Tradisional

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
01 Februari, 2014 08:11:08
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 12680 Kali

(KM.Sarangge)Mas’ah atau yang akrab disapa Ina Sei, 58 Tahun adalah seorang penjual Kue di RT 03 Kelurahan Sadia. Berjualan Kue telah digelutinya sejak sepuluh tahun lalu ketika suaminya, Muhtar(58 Tahun) pension dari Kusir Gerobak karena sakit. Berbagai jenis kue tradisional dijualnya sejak pagi hingga siang hari seperti Kue Apa, Pangaha Rea, Pangaha Balu dan setiap bulan Ramadhan Ina Sei menjual kolak Pisang dan Cendol. Selama ini, Ina Sei mengandalkan modal apa adanya dari sedikit keuntungan penjualan kue. Namun, ibu tiga anak ini berkeinginan untuk menambah modal terutama untuk membeli alat-alat pembuatan kue.

Diakuinya, pernah mendapatkan dana bergulir dari Diskoperindag Kota Bima tahun 2012, namun dana bergulir itu macet karena digelapkan bendahara kelompoknya. “ Kemarin saya dapat kabar tentang adanya dana bergulir dari PNPM, saya sangat butuh dana tersebut untuk modal dan pengembangan usaha. “ Harapnya ketika kebetulan menjajakan kue Apa di pagi hari Sabtu(1/2/2014) di Sekretariat Kampung Media Sarangge. Untuk itu, Ina Sei dan beberapa ibu-ibu yang menekuni usaha home industry pembuatan jajan di kelurahan Sadia menginginkan adanya bantuan dana bergulir dengan pengembalian bunga lunak dan tidak memberatkan.

“ Saya takut mengambil uang rentenir, karena bunganya mahal. “ Ungkap Ina Sei sambil melayani para pembeli kue pagi itu. Salah seorang Warga, Khadijah (43 Tahun) menyarankan kepada Ina Sei untuk membentuk Kelompok baru dan mengajukan permohonan ke pihak BKM PNPM Kelurahan Sadia, agar dana bergulir bias digulirkan kepada kelompok mereka yang membutuhkan. (*alan)

 

Baca Juga :




 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan