logoblog

Cari

Sia Dungga, Sambal Para Petani

Sia Dungga, Sambal Para Petani

(KM.Sarangge) Nah, menu sambal ini paling sederhana. Bahan dasarnya hanyalah jeruk nipis, bawang dan garam serta Cabe secukupnya. Menu sambal ini

Kuliner Tradisional

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
01 Februari, 2014 08:06:47
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 16196 Kali

(KM.Sarangge) Nah, menu sambal ini paling sederhana. Bahan dasarnya hanyalah jeruk nipis, bawang dan garam serta Cabe secukupnya. Menu sambal ini sangat akrab dengan para petani disawah, apalagi lauknya adalah ikan laut atau ikan air tawar dengan nasi panas. Kenapa akrab dengan para petani ? karena bahan pembuatannya sudah tentu mudah didapat di sekitar areal persawahan, terutama Cape.

Bahan dan cara pembuatannya pun sederhana seperti   10 butir bawang merah (potong melintang, agak tebal), 5 buah cabe boleh pilih cabe keriting atau rawit tergantung selera (potong melintang),Garam secukupnya, 2 jeruk nipis (ambil airnya) dan ¼ sendok gula (bila suka)

Cara Membuatnya, cuci semua bahan-bahan. Campur semua bahan-bahan, tiriskan lalu masukkan garam dan air jeruk nipis serta sedikit gula.Untuk tampak cantik bawang dicuci terlebih dahulu sebelum dipotong-potong. Dan juga bisa ditambahkan cabe merah besar yang dipotong melintang tipis sebagai hiasan(alan)

 

Baca Juga :




 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan