logoblog

Cari

Nikmatnya Menyantap Manggemada

Nikmatnya Menyantap Manggemada

KM Wadupa’a: Meskipun tidak tersohor seperti makanan daerah lain, masyarakat di Bima memiliki sejumlah masakan khas. Satu di antaranya manggemada, lauk

Kuliner Tradisional

KM. Wadupa-a
Oleh KM. Wadupa-a
06 Februari, 2014 11:25:27
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 10665 Kali

KM Wadupa’a: Meskipun tidak tersohor seperti makanan daerah lain, masyarakat di Bima memiliki sejumlah masakan khas. Satu di antaranya manggemada, lauk yang dibuat dari campuran jantung pisang dan sejumlah bumbu.

Sejak lama manggemada dikenal luas masyarakat di Bima. Manggemada berasal dari dua kata yang berbeda yakni mangge (asam) dan mada (mentah). Namun jangan salah, lauk ini tidak dibuat dari dua bahan tersebut, melainkan dari campuran dan bahan utama jantung pisang.

Sebelum disajikan, awalnya jantung pisang yang dipotong hingga kecil-kecil kemudian direbus. Setelah itu diulek dan dicampur dengan bumbu yang dimasak secara terpisah seperti parutan kelapa yang digoreng tanpa menggunakan minyak. Untuk menambah cita rasa, jantung pisang juga ditambahkan daging, kadang udang atau ikan laut, dan santan kelapa. Sebelum disajikan campuran tersebut dibumbui dengan bawang goreng dan jeruk nipis. Rasa manggemada begitu gurih apalagi dengan campuran bawang goreng. Nah, biasanya manggemada disantap bersama nasi panas.

Menurut warga Soromandi, Ma’ani. Manggemada adalah salahsatu lauk favorit masyarakat Bima sejak dulu termasuk di wilayah setempat. “Manggemada paling enak kalau dimakan bersama nasi yang baru selesai dimasak. Rasanya enak karena kadang dicampur daging ayam, udang atau ikan laut,” ujarnya kepada KM Wadupa’a.

Namun sayang meskipun merupakan makanan khas. Cukup sulit menemukan manggemada yang dijual di warung-warung termasuk di Bima. “Paling banter kalau ada yang dijual di warung paling sayur kelor. Sayur saronco (asam), tidak ada yang jual khusus manggemada. Paliing kita bikin khusus kalau pas beli jantung pisang atau ada pisang yang selesai bertandang,” katanya.

 

Baca Juga :


Secara umum, jantung pisang yang menjadi bahan utama manggemaada memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya mengobati sakit stroke jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu, kandungan yang terdapat di dalam jantung pisang bisa mencegah pendarahan pada otak, mencegah diabetes. (AN/FS)

 

 



 
KM. Wadupa-a

KM. Wadupa-a

Koordinator: FACHRUNNAS Email : kampungmediawadupaa@gmail.com Komunitas Jurnalisme Warga. Menyuguhkan Informasi seputaran Soromandi dan Wilayah Sekitar.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan