logoblog

Cari

Pisau Kukus Buatan Ina Mina

Pisau Kukus Buatan Ina Mina

KM TNC. Pisau Kukus merupakan salah satu jenis jajanan atau kue basah yang bahan bakunya dari pisang dan tepung yang dikukus.

Kuliner Tradisional

KM. Tembe Nggoli
Oleh KM. Tembe Nggoli
12 Februari, 2014 21:10:22
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 6710 Kali

KM TNC. Pisau Kukus merupakan salah satu jenis jajanan atau kue basah yang bahan bakunya dari pisang dan tepung yang dikukus. Pisau kukus ini merupakan pemanfaatan pisang yang sudah terlalu masak disulap menjadi kue untuk disantap bersama keluarga, jajanan kue yang satu ini biasa orang-orang Manggarai sebut pisau kukus. Aminah yang biasa disapa Ina Mina salah satunya seorang ibu rumah tangga asli Bima yang tinggal di daerah Manggarai Nusa Tenggara Timur setiap berlibur di daerah asalnya Bima beliau selalu membuat jajanan yang bahan bakunya dari pisang karena di daerah tersebut merupakan penghasil pisang. Berikut hasil liputan crew TNC saat ditemui dirumah kediamannya kelurahan Rabadompu.

Pembuatan pisau kukus sangatlah mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak, adapun bahan-bahan yang disiapkan diantaranya pisang, terigu, santan kelapa, gula, garam dan daun pandan.

Pertama-tama pisang yang sudah terlalu matang dihaluskan dengan campuran bahan-bahan tadi sehingga sampai tercampur semua seperti adonan dan dimasak/kukus dengan menggunakan bentuk cetakan sampai setengah matang setelah itu ditaburi adonan tepung diatasnya yang sudah dicampuri dengan daun pandan yang sudah dihaluskan setelah itu dimasak lagi sampai matang.

Kukus pisau tadi sampai semuanya matang merata maka kue kukus tadi siap dihidangkan, sebagai tambahan makin enak kue kukus tersebut disantap setelah disimpan dalam kulkas. 

 

Baca Juga :


Itulah sedikit informasi tentang pemanfaatan pisang yang sudah hampir tidak layak pakai, Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba. Alamsyah  (01)



 
KM. Tembe Nggoli

KM. Tembe Nggoli

Tembe Nggoli Community (TNC) Anggota Alamsyah (alamsyah_km@yahoo.com) Hp. 081237986726/ akun pribadi (Alamsyah) Facebook : Alamsyah KM/ twitter : @AlamsyahCS Alamat : Jl Sawo Kel Rabangodu Utara Kec Raba Kota Bima - NTB

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan