logoblog

Cari

Ares Masakan Tradisional Lombok

Ares Masakan Tradisional Lombok

Konon pada satu masa, pulau Lombok dihadapkan pada sebuah musim kekeringan yang sangat panjang. Tak banyak tanaman yang bisa tumbuh. banyak

Kuliner Tradisional

KM. Abiantubuh
Oleh KM. Abiantubuh
25 Februari, 2014 18:39:26
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 37903 Kali

Konon pada satu masa, pulau Lombok dihadapkan pada sebuah musim kekeringan yang sangat panjang. Tak banyak tanaman yang bisa tumbuh. banyak binatang ternak yang akhirnya mati karena haus dan kelaparan. Salah satu jenih pohon yang bisa tumbuh adalah pohon pisang. Pohon pisang waktu itu menjadi salah satu makanan ternak, sebagai pengganti rumput yang pelahan menjadi langka.

Adalah seorang lelaki bernama Loq Ares,  ia tengah mengamati pohon pisang yang biasa dimakan oleh ternak  tersebut. sambil berfikir ia bergumam," ah kalau sapi ini suka mungkin enak juga untuk dibuat sayur" fikir Loq Ares. akhirnya dia memotong-motong dan mencincang pohon pisang tersebut lalu dibawanya pulang. Sampai dirumah ia minta ibunya untuk memasak potongan-potongan pohon pisang tersebut. ternyata setelah dimasak dengan bumbu yang biasa dipakai di dapur, irisan pohon pisang tersebut lumayan enak.

Sejak itu Loq Areslah yang dianggap penemu masakan tradisional Lombok tersebut. Kini ares menjadi masakan wajib setiap acara begawe digelar. Belum puas "epen gawe" jika acara yang dihelat tidak disertai dengan menyajikan masakan tersebut

Proses pembuatan Ares sangat lah mudah, setelah pohon pisang dibuang kulit luarnya yang keras dan agak kering kemudian di iris tipis-tipis dan kemudian di pisah-pisah kemudian di tambahkan garam agar bisa lembek dan bumbu masakan bisa terasa sampai ke serat-serat bagian yang sudah di iris-iris tersebut.

porses pemisahan pengepakan

setelah itu kemudian seorang ran (koki) mulai memasukkan pohon pisag yang suah di iris ke dalam subuah jambangan (panci besar) kemudian tambahkan santan, di tambahkan bumbu setelah mendidih dan harus tetap di aduk agar bumbunya bisa merata dan semua itu.Memang proses memasaknya agak lama sapai 1 jam. Selama proses itu tetap di kontrol oleh seorang ran (koki) agar masakan tetap terjaga rasanya.

ran (koki)

seorang ran (koki) yang sedang mengaduk ares

 

Baca Juga :


ragi (bumbu)

Bumbu yang di gunakan untuk memasak ares

setelah di masak selama 1 jam dan mateng kemudian ares di pindahkan ke panci yang lebih kecil, atau piring agar lebih mudah untuk di bagikan.

ares masakan khas lombok

ares siap saji

 

 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan