logoblog

Cari

Cara Membuat Pelopo

Cara Membuat Pelopo

Pertama-tama siapkan bahan dasarnya terlebih dahulu. Diantaranya; 30 botol susu kerbau 3 kg gula merah/jawa 20-25 butir terung Para   Menggunakan susu kerbau sangat dianjurkan. Karena

Kuliner Tradisional

KM. Taliwang
Oleh KM. Taliwang
25 Februari, 2014 12:42:58
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 21732 Kali

Pertama-tama siapkan bahan dasarnya terlebih dahulu. Diantaranya;

  1. 30 botol susu kerbau
  2. 3 kg gula merah/jawa
  3. 20-25 butir terung Para

Menggunakan susu kerbau sangat dianjurkan. Karena susu kerbau lebih mudah terbentuk, cepat mengental dan tidak hancur saat dipanaskan. Jika dibandingkan dengan susu lain. Banyaknya jumlah botol susu menentukan bahan-bahan lain. 

Pertama , tuangkan susu kerbau dalam wadah. Kedua, panaskan gula hingga mencair. Ketiga, susu dan gula diaduk-aduk hingga merata. Keempat, masukkan terung Para dimangkuk yang sudah terisi air, dipotong dua lalu diperas. Jangan lupa hasil perasannya diaduk lalu buang kulitnya. Kelima, air terung para dimasukkan ke dalam susu dan gula yang sudah dicampur. Aduk lagi hingga bau susunya agak berkurang setelah dicampur dengan perasan terung Para.  

Setelah semua bahan tercampur, siapkan wadah mangkuk sesuai jumlah Pelopo yang ingin dibuat. Perlu diingat, untuk ukuran Pelopo seharga lima ribu rupiah, maka cukup satu gelas kecil yang dituangkan ke dalam mangkuk. Namun untuk ukuran pelopo seharga Rp. 10.000 maka yang dibutuhkan sebanyak dua gelas. Keenam, masukkan pelopo mentah ke dalam pemanas selama kurang lebih 15 menit. 

 

Baca Juga :


Pelopo yang sudah matang dapat dimakan dalam kondisi hangat dan dingin. Apabila ada pesanan atau ingin dibawa pulang keluar daerah, maka pelopo dibekukan terlebih dahulu. Agar tidak cepat basi. Karena daya tahan Pelopo sangat terbatas, hanya bisa bertahan dua samapai tiga hari saja. Namun jika dalam keadaan beku bisa lebih lama. Silahkan mencoba.[] - (01)



 
KM. Taliwang

KM. Taliwang

KM Taliwang berdiri 18 Januari 2014 setelah bermetamorfosa dari komunitas rumah separuh yang mulai beraktifitas sejak April 2011 di Taliwang. Komunitas ini merupakan rumah belajar. Email: ali790601@gmail.com Hp. 081909118335

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan