logoblog

Cari

Pelopo, Tetap Eksis Meski Berganti Zaman

Pelopo, Tetap Eksis Meski Berganti Zaman

  KM Taliwang – Ibu Hafsah semangat sekali saat menceritakan bagaimana ia mulai berjualan Pelopo. “Saya mulai usaha dari tahun 1977” Katanya

Kuliner Tradisional

KM. Taliwang
Oleh KM. Taliwang
25 Februari, 2014 07:37:07
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 11655 Kali

KM Taliwang – Ibu Hafsah semangat sekali saat menceritakan bagaimana ia mulai berjualan Pelopo. “Saya mulai usaha dari tahun 1977” Katanya saat memulai cerita.

Meski memulai usaha dari tahun tersebut, badannya masih sehat dan segar. Tidak Nampak sedikitpun keletihan dari wajahnya.

“Sudah berapa tahun saya berjualan pelopo sampai sekarang?” katanya lagi berusaha mengkomulatifkan waktu berjualan pelopo pada saya.

“Kira-kira 37 tahun bu” jawab saya.

“Ya selama itulah saya berjualan Pelopo. Saya tidak tahu persis arti sebenarnya pelopo. Tapi ibu saya bilang pelopo itu artinya susu” jelasnya.

“Dari harga susu yang semula harganya hanya Rp. 5000/botol hingga sekarang Rp. 25.000-Rp.30.000” lanjut bu Hafsah mengenang harga susu yang semakin meningkat. Mengingat susu yang dibutuhkan adalah susu kerbau, sulit mencarinya.

 

Baca Juga :


Memang membuat Pelopo dapat dikatakan sangat mudah. Namun membutuhkan ketelatenan. Hal ini dibenarkan Ibu FItriyani, salah satu penjual Pelopo generasi masa kini di Sumbawa Barat.

“Darah keturunan ikut menentukan,” katanya singkat. 

Menurutnya sudah banyak yang belajar membuat Pelopo padanya, namun tidak ada yang berhasil. Sepertinya ada takaran yang tertentu agar pembuatan Pelopo dapat berhasil. Atau mungkin memang benar keturunan ikut menentukan keberhasilan membuat Pelopo.

Kini, di Sumbawa Barat hanya Ibu Hafsah dan Ibu Fitriyani yang masih menjaga kelestarian makanan khas Pelopo. Dengan kondisi seperti ini, sudah saatnya pemerintah mempersiapkan generasi-generasi muda untuk mempelajari pembuatan Pelopo. Sehingga sampai kapan dan zaman apa pun, makanan khas Pelopo di Sumbawa Barat lestari.  - (01)



 
KM. Taliwang

KM. Taliwang

KM Taliwang berdiri 18 Januari 2014 setelah bermetamorfosa dari komunitas rumah separuh yang mulai beraktifitas sejak April 2011 di Taliwang. Komunitas ini merupakan rumah belajar. Email: ali790601@gmail.com Hp. 081909118335

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan