logoblog

Cari

Manggemada Yang Maknyoss

Manggemada Yang Maknyoss

(KM.Sarangge) Meniru buah bibir Pak Bondan, Maknyoss….dan mantap. Itulah juga yang akan anda ucapkan ketika menyantap Manggemada, sejenis sayur yang berbahan

Kuliner Tradisional

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
01 Maret, 2014 08:21:28
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 8811 Kali

(KM.Sarangge) Meniru buah bibir Pak Bondan, Maknyoss….dan mantap. Itulah juga yang akan anda ucapkan ketika menyantap Manggemada, sejenis sayur yang berbahan dasar jantung pisang dan udang yang merupakan menu khas Mbojo ini. Di bulan Ramadhan, terutama di pasar ramadhan penganan ini cukup banyak dijumpai. Termasuk di Sadia, sayuran gulai yang terasa lezat ini cukup diminati sebagai lauk untuk berbuka puasa maupun sahur. 

Kalau pada umumnya di Indonesia memang Jantung Pisang bisa  diramu dan dibuat untuk berbagai jenis masakan. Di Bima Jantung Pisang ini bisa juga diramu dalam berbagai bentuk masakan salah satunya adalah Manggemada atau Gulai Jantung Pisang.

Bahan utama kuliner ini adalah Jantung Pisang, santan kelapa dan udang. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain : 1 buah jantung pisang kapok, 1 genggam kelapa parut (sangrai lalu dihaluskan),1 gelas santan kental dari 1 kelapa,300gr udang (rebus tampa air, buang kulit dan kepalanya) dan 1 butir jeruk nipis (ambil airnya). Sedangkan bumbu-bumbunya antara lain 5 buah cabe keriting, 7 butir bawang merah, 5 buah belimbing wuluh dan Garam secukupnya.

 

Baca Juga :


Cara Membuatnya yaitu Siangi jantung pisang (ambil bagian putihnya) kemudian Rebus sampai matang, angkat dan tiriskan, dipotong-potong lalu diperas (buang air getirnya), lalu Campurkan dengan potongan cabe, bawang merah, belimbing dan kelapa gongseng serta garam. Masukkan santan dan air jeruk nipis, dan terakhir masukkan udang yang sudah direbus.(alan, Sumber http://www.  Bimacenter.com)



 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan