logoblog

Cari

Kriuk-kriuk Jajan Bunga

Kriuk-kriuk Jajan Bunga

(KM.Sarangge ) Jajan Bunga dan Jajan Cincin (Pangaha bunga dan pangaha sinci : Bahasa Bima) merupakan salah satu diantara sekian jenis

Kuliner Tradisional

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
08 Maret, 2014 07:48:31
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 16932 Kali

(KM.Sarangge) - Jajan Bunga dan Jajan Cincin (Pangaha bunga dan pangaha sinci: bahasa Bima) merupakan salah satu di antara sekian jenis makanan khas daerah Bima  yang secara turun temurun dilestariakan hingga saat ini. Bahan-bahan kedua jenis jajan ini sangatlah sederhana. Semua orang pasti bisa membuatnya jika mengetahui bahan dan cara pembuatannya. Tetapi belum tentu rasa yang dihasilkan senikmat rasa yang tercipta dari tangan para pembuat (pengrajin) asli. Tangan-tangan mereka telah terbiasa dan memiliki teknik-teknik yang mungkin tak diketahui oleh orang lain.


Marsita salah seorang pengusaha Jajan Bunga yang telah cukup lama menekuni usaha ini mengatakan Pangaha Bunga buatannya banyak diminati masyarakat Bima maupun luar Bima seperti Sumbawa, Mataram, Denpasar dan Jakarta. Rasa pangaha buatannya sangat enak dan gurih. Namun uniknya Marsita tidak menjajakan jualannya di pasar-pasar maupun di toko-toko. Alasannya, Ibu paruh baya yang dalam proses pembuatannya dibantu oleh sang suami Arrahman M. Ali, SE ini menerima banyak pesanan dalam setiap harinya sehingga tidak punya waktu untuk membuat lebih banyak lagi. Biasanya Masita yang merupakan Sarjana Hukum ini membuat Pangaha Bunga paling sedikit jumlah bahannya 10 kg, “Itu jika tidak ada pesanan, orang-orang saja yang datang langsung membeli ke rumah. Tapi bila ada pesanan ia membuat Pangaha berbentuk bunga tersebut sebanyak 20 s/d 40 kg bahan. Apalagi kalau lebaran sampai 50 kg,” ceritanya. Sementara harga jajan ini per buahnya 100. Tetapi jika ada orang yang ingin jajan tersebut lebih gurih maka akan ditambahkan telur bebek dalam adonannya.(alan/03)

 

 

Baca Juga :




 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan