logoblog

Cari

Lezatnya Sambal "Tengkong Tutut"

Lezatnya Sambal

KM Sambang Kampung- masyarakat di Pulau Lombok paling suka makan dengan sambal yang pedas, berbagai macam sambal yang dibuat sebagai hidangan

Kuliner Tradisional

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
10 Maret, 2014 21:07:26
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 26123 Kali

KM Sambang Kampung- masyarakat di Pulau Lombok paling suka makan dengan sambal yang pedas, berbagai macam sambal yang dibuat sebagai hidangan menemani nasi putih. Sambal yang paling diminati oleh masyarakat Labuhan Haji adalah sambal “Tengkong”.  Saat musim hujan seperti ini bahan baku  “tengkong” ( Jamur ) ini sangat banyak karena tumbuh secara alami di sawah atau di kebun. Jamur dicari pada pagi hari biasanya tumbuh dipematang atau disela-sela pagar. Tengkong (jamur) yang banyak dicari adalah “Tengkong Tutut”.

Sambal ini memang dari dahulu sudah dibuat oleh masyarakat namun belum menjadi menu populer hanya untuk hidangan rumahan saja. Sulitnya bahan baku membuat sambal ini jarang dibuat  dan belum  dapat di komersilkan. Jika dilihat dari peminatnya maka layak Sambal Tengkong Tutut ini menjadi menu andalan warung makan.

Untuk membuat sambal Tengkong Tutut ( sejenis jamur kancing) dibutuhkan Tengkong Tutut (jamur kancing) sebanyak ¼ kg, wortel 3 buah, daun bawang bombai secukupnya, cabe, tomat, garam, terasi dan penyedap rasa. Cara membuatnya adalah bersihkan Jamur, iris  daun bawang bombai, wortel di potong tipis-tipis, kemudian cabe, tomat, garam, terasi dihaluskan hingga menjadi sambal.  Jamur, wortel dan daun bawang bombai digoreng hingga lemas kemudian tuangkan sambal yang sudah haluskan tunggu hingga masak.

Inilah cara membuat resep masakan tradisional Sambal Tengkong Tutut desa Teros, selamat menikmati.(Uyik) - (01)

 

Baca Juga :


 



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image

Tipi Kampung

 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan