logoblog

Cari

Karedo Maci Kandole Menu Utama Buka Puasa

Karedo Maci Kandole Menu Utama Buka Puasa

KM, Sarei Ndai.- Berbagai jenis hidanga menu berbuka puasa. Namun, karedo manci kandole tetap nomor satu untuk hidangan awal untuk berbuka puasa.

Kuliner Tradisional

KM Sarei Ndai
Oleh KM Sarei Ndai
16 Juli, 2014 22:29:16
Kuliner Tradisional
Komentar: 1
Dibaca: 67421 Kali

KM, Sarei Ndai.- Berbagai jenis hidanga menu berbuka puasa. Namun, karedo manci kandole tetap nomor satu untuk hidangan awal untuk berbuka puasa. Pasalnya, karedo maci kandole merupakan cirihas orang bima, khususnya Kecamatan belo.

Hampir di seluruh rumah tangga di Desa Cenggu Kec. Belo memilih menu karedo maci kandole pada saat berbuka puasa. "memasuki hari ke-18 puasa, kami selalu mengawali menu berbuka puasa dengan karedo maci kandole,"kata ibu rumah tangga Nurlida tadi.

Dikatakanya, karedo maci kandole merupakan ciri has orang bima, khusunya di desa cenggu Kec. Belo. Menurutnya, masing-masing rumah pasti memiliki menu karedo maci kandole.
"karedo maci kandole disamping menu berbuka puasa, menu tersebut bisa pengganti nasi,"ujarnya saar berbuka pusa dengan KM Sarei Ndai di rumahnya.

Dijelaskanya, pembuatan karedo maci kandole tidaklah sulit. Yang ingin menu berbuka seperti karedo maci kandole, ibu rumah tangga hanya menyediakan, beras ketang, tepung, santan dan gula putih serta mutiara burung.

"Rasanya sangat nikmat dan berbeda dari menu lainya. ada manis, kenyal-kenyal gitu,"paparnya.

 

Baca Juga :


Pantauaan KM Sarei Ndai, menu tersebut merupakan ciri has orang bima, hampir semua rumah di desa itu memiliki menu karedo maci kandole. Ada yang membli pada pedagang dan ada juga yang membuat sendiri.

Dan yang bikin orang belo ini doyan, karedo maci kandole ini keberadaannnya sangat langka, kalau belum memasuki bulan puasa, tapi kalau bulan puasa dimana-mana karedo maci kandole sangat di minat keluarga untuk menu berbuka puasa.(Andre) -01



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    17 Juli, 2014

    itulah salah satu hikmah lain puasa dimana makanan-makanan yang jarang kita lihat ternyata kalau dibulan Puasa, semuanya bermunculan.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan