logoblog

Cari

Karopo Bojo Jajanan Kendo Dari Singkong

Karopo Bojo Jajanan Kendo Dari Singkong

KM Mada Oi Pangguli. Ubian-ubian satu ini merupakan komoditas masyarakat Kelurahan Kendo khususnya di Kota Bima, ubian-ubian ini oleh masyarakat setempat

Kuliner Tradisional

KM Mada Oi Pangguli
Oleh KM Mada Oi Pangguli
17 Mei, 2015 14:28:12
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 22370 Kali

KM Mada Oi Pangguli. Ubian-ubian satu ini merupakan komoditas masyarakat Kelurahan Kendo khususnya di Kota Bima, ubian-ubian ini oleh masyarakat setempat mengolahnya menjadi berbagai jenis makana tradisional Bima yaitu singkong.

Di Indonesia singkong oleh masyarakat mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan seperti kripik singkong dan jenis-jenis makanan lainnya. Kelurahan Kendo oleh sebagian besar masyarakat mengolahnya menjadi Tape dan Kripik dll namun kripik yang satu ini mungkin tidak sama seperti yang dijual oleh beberapa pengrajin kripik kebanyakan karena mungkin prosesnya dan jenis bentuknya.

Kripik singkong atau biasa orang Bima sebut kropo bojo, krupuk satu ini prosesnya mudah awalnya potongan-potongan singkong yang sudah dikupas direbus sampai setengah matang setelah itu dihangatkan dan diiris kecil-kecil dengan bentuk persegi empat panjang. Hasil irisan tersebut di keringkan sampai 1 atau 2 hari tergantung cuaca.

Singkongnya yang sudah kering bisa langsung di goreng ataupun disimpan, singkong kering tersebut bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Jika kita ingin menggorengnya hasil gorengan tersebut dicampur lagi dengan gula putih atau gulah merah agar menghasilkan kripik singkong renyah dan manis.

Masyarakat Kendo sebagian besar memproduksi dengan jumlah terbatas untuk konsumsi keluarga di saat-saat santai dan kalaupun dijual dipasaran biasanya masyarakat mengemasnya dengan ukuran harga kisaran 500-1000 rupiah berbungkus.

 

Baca Juga :


Selain diolah menjadi Tape, kripik, singkong juga sangat bagus diolah menjadi kolak singkong dan ponte bojo dan masih banyak lagi makan khas Bima yang terbuat dari singkong yang wajib kita coba.

Jika ingin mencoba dan melihat proses pembuatannya kita bisa berkunjung dan menikmatinya langsung di Kelurahan Kendo Kecamatan Raba Kota Bima. Saidin () -01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan