logoblog

Cari

Tutup Iklan

Dodol Bayan

Dodol Bayan

KM. Sukamulia – Jika selama ini anda mengenal Dodol Garut atau Dodol Kelayu Kabupaten Lombok Timur maka kali ini penulis akan

Kuliner Tradisional

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
08 Juni, 2015 16:59:51
Kuliner Tradisional
Komentar: 12
Dibaca: 15205 Kali

KM. Sukamulia – Jika selama ini anda mengenal Dodol Garut atau Dodol Kelayu Kabupaten Lombok Timur maka kali ini penulis akan memperkenalkan salah satu makanan khas atau kuliner tradisional masyarakat Adat Bayan. Kuliner tradisional yang penulis maksud adalah Dodol Bayan. Dalam kehidupan masyarakat Bayan, Dodol Bayan dijadikan sebagai jajanan wajib pada saat pelaksanaan ritual membangar (membuka lahan pertanian/pemukiman).

Hingga saat ini Dodol Bayan hanya dibuat untuk kepentingan pelaksanaan ritual membangar saja dan belum dikembangkan atau diproduksi untuk kepentingan ekonomi/dijual padahal Dodol Bayan memiliki rasa yang lezat dengan aroma yang khas. Namun demikian, tokoh pemuda Dasan Baro Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan mengatakan bahwa saat ini Dodol Bayan akan mulai dikembangkan dan dipromosikan untuk kepentingan ekonomi sebab sayang sekali jajanan selezat ini hanya dapat dinikmati oleh warga saat dilaksanakan ritual membangar saja sehingga warga Dasan Baro pada khsusnya akan mulai memperoduksi Dodol Bayan untuk diperkenalkan kepada khalayak ramai dengan cara dijual/dijajakan.

Dodol Bayan dibuat dari komposisi bahan sebagai berikut: 1) tepung ketan (1 kg), 2) tepung beras (1 kg), 3) gula merah/gula aren (1 kg), dan 4) santan kelapa (4 liter).

Dodol Bayan dibuat dengan cara sebagai berikut: 1) masukkan santan kelapa dan gula aren yang sudah dipecah ke dalam wajan,  lalu naikkan wajan tersebut di atas perapian atau kompor dengan api yang tidak terlalu besar kemudian aduk adonan gula dan santan tersebut hingga gula merah melebur/mencair, 2) setelah gula mencair maka masukkanlah tepung ketan dan tepung beras ke dalam campuran santan kelapa dan gula aren tersebut, kemudian aduk adonan itu hingga rata dan mengental (menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam) , 3) setelah adonan itu mengental maka turunkan adonan itu dari perapian dan pindahkan ke wadah (nare) yang telah disiapkan, 4) bentuk adonan dodol tersebut dengan ketebalan 1 – 2 cm atau tergantung selera si pembuat, 5) setelah kurang lebih 30 menit atau setelah kondisi dodol sudah dingin maka bagilah adonan dodol itu menjadi bagian-bagian yang kecil (sesuai selera), dan 6) bungkus dodol tersebut dengan bentuk semenarik mungkin dan Dodol Bayan siap untuk disantap.

Perlu diketahui, dalam tradisi adat masyarakat Bayan, proses pembuatan Dodol Bayan penuh dengan aturan. Misalnya saja, campuran gula merah dan santan kelapa harus diaduk oleh seorang perempuan kemudian tepung beras dan tepung ketan juga dimasukkan oleh seorang perempuan. Sedangkan untuk mengaduka adonan tepung beras, tepung ketan, campuran gula merah dan santan kepala hingga adonan mengental dan matang harus dilakukan oleh seorang laki-laki.

 

Baca Juga :


Jika anda penasaran dengan kuliner tradisional yang satu ini maka berkunjunglah ke Desa Bayan atau Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Atau lebih praktisnya anda bisa membuat kuliner ini di tempat anda masing-masing sesuai dengan bahan dan cara pembuatan yang telah dijelaskan di atas. Okeh, selamat mencoba bagi anda yang ingin mencoba membuatnya. [] - 05

_By. Renadi and Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

12 KOMENTAR

  1. KM Pohgading Timur

    KM Pohgading Timur

    12 Juni, 2015

    mantab broooo............dodol bayan kyk pangan lembut yg ada di sukamulia kampung tercinta


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      14 Juni, 2015

      betul banget brother, Dodol Bayan adalah Pangan-nya warga Sukamulia yang biasa dibuat pada setiap acara gawe beleq dan mulut.


  2. KM Kaula

    KM Kaula

    11 Juni, 2015

    melihatnya saja sudah enak, apalagi mencicipinya.


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      14 Juni, 2015

      dodol bayan memang lezat pak, sayangnya Dodol Bayan ini belum diperoduksi untuk kepentingan usaha kereatif.


  3. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    10 Juni, 2015

    Coba buat dodol dengan merek ud sendiri, terus pasarkan di koperasi Kampung Media Narmada.....Kecil-kecil dulu...nanti kan bisa berkembang....


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      14 Juni, 2015

      insyallah pak, tg sudah komunikasikan hal itu kepada pengurus Pengkaji Budaya Bayan, semoga mereka menyetujuinya...


  4. KM Masbagik

    KM Masbagik

    09 Juni, 2015

    pengen nyobain, gimana rasanya


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      09 Juni, 2015

      main-main ke bayan makanya kawan Andre, nanti saya bawa nyicipin jajan ini di rumahnya kawan saya... heheeee rasanya lezat kawan, kenyal-kenyal dan manis. pokonya maknyos dah,,, okey, terimakasih atas kunjungannya dan salam dari kampung.


  5. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    08 Juni, 2015

    ini namnya dodol ketan....sering nenekku buat seperti ini.....kalau kita pada saat akan gerhana dibuat....dan di kampungku sudah masuk di mal-mal makassar.....dan ini bisa ditambahkan nangka atau durian, strawberry biar baxak jenis rasa.....bisa juga tuak manis sebagai pengganti gula merah biar rasaxa juga enak, sering saya suruh nenekku memakai tuak manis....


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      09 Juni, 2015

      betul sekali KM. Jong Celebes. di Sukamulia, jajanan seperti ini disebut dengan nama pangan lembut dan biasanya dibuat pada saat perayaan malidat saja. okey, terimakasih atas komentarnya dan salam dari kampung.


  6. KM. Sambang Kampung

    KM. Sambang Kampung

    08 Juni, 2015

    bawa ke Unit Produksi SMKN Sambelia kita kemas dan kita jual....


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      08 Juni, 2015

      Ok bos, nanti tiang komfirmasi sama kawan-kawan Pengkaji Budaya Bayan, insyallah Dodol Bayan akan kami perkenalkan kepada khalayak ramai sebagi salah satu destinasi wisata kuliner tradisional Lombok. terimakasih dan salam dari kampung.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan