logoblog

Cari

Perjuangan Berbuka dengan Sepat

Perjuangan Berbuka dengan Sepat

KM Sambang Kampung- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh barakah, rizki di bulan puasa ini sangat melimpah. Banyak cara yang dilakukan

Kuliner Tradisional

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
28 Juni, 2015 20:05:48
Kuliner Tradisional
Komentar: 1
Dibaca: 11712 Kali

KM Sambang Kampung- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh barakah, rizki di bulan puasa ini sangat melimpah. Banyak cara yang dilakukan untuk mencari bahan makanan yang akan dihidangkan untuk berbuka puasa. Setelah membaca menu berbuka puasa dengan Sepat dari KM Serambi Brang Rea saya merasa sangat kepingin berbuka dengan Sepat Sumbawa Barat.

Akhirnya saya pun mencari bahan sendiri sampai ke Desa Belanting Kecamatan Sambelia pada hari Minggu (28/06), bahan yang saya cari adalah daun Aru dan daun Ketimus, sedangkan udang dan kerupuk kulit saya suruh istri saya untuk membelinya dipasar. Seperti orang ngidam saja karena biasanya waktu masih tinggal di Sumbawa Barat 30 hari berbuka dengan sepat dan singang.

Di Lombok memang mencari daun ketimus tidaklah mudah, karena tempat tumbuhnya dihutang atau daerah-daerah tertentu di Lombok Timur. Setelah mencari daun ketimus dibeberapa tempat akhirnya saya pun menemukannya di Desa Sugian Kecamatan Sambelia. Daun ketimus dipergunakan untuk member aroma segar pada masakan Sepat.sedang kan daun Arus memberikan rasa yang khas dengan rasa sepet atau agak pahit.

Sejak pukul 09.00 Wita mencari bahan untuk membuat Sepat akhirnya apa yang kami cari ketemu sekitar pukul 12.00 Wita. Perjalanan yang mengasikkan. Inilah perjuangan untuk bebuka puasa dengan menu Sepat Ala Lombok, jika di Sumbawa Barat Sepat dibuat dengan agak kecut dan tidak pedas, dilombok di buat dengan aroma segar dan pedas. Berbuka hari ini memang sangat memuaskan.

 

Baca Juga :


Bahan  membuat sepat udang dan kerupuk kulit adalah  : 5 biji cabe merah, 1 biji kemiri, 2 biji bawang merah, 1 biji mangga mentah bisa juga menggunakan belimbing wuluh atau buah asam, daun ketimus sesuai selera, daun aru sesuai selera, ¼ kg udang segar, kerupuk kulit sesuai selera, garam secukupnya.

Cara membuatnya adalah cabe merah, kemiri, bawang merah, udang segar semuanya dibakar hingga matang, setelah dibakar semua bahan yang telah dibakar tadi kecuali udang di haluskan kemudian tuangkan air yang sudah didihkan setelah itu taruhkankerupuk kulit, udang daun ketimus, daun aru dan buah mangga yang sudah dicincang. Jika berminit selamat mencoba.  (Uyik) - 01



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM. Mesra Seteluk

    KM. Mesra Seteluk

    29 Juni, 2015

    makanya datang ke SMKN 1 Seteluk, nanti ada buka bareng. dijamin sepatnya melimpah pah pahh ..!!!


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image

Tipi Kampung

 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan