logoblog

Cari

Tutup Iklan

Resep Saronco Wua Parongge

Resep Saronco Wua Parongge

Hmmmm, menu sayur ini sudah menjadi menu sehari-hari bagi warga Bima. Rasanya asam-asam pedas dan sangat pas disuguhkan dengan nasi panas

Kuliner Tradisional

alan malingi
Oleh alan malingi
22 Mei, 2016 04:33:51
Kuliner Tradisional
Komentar: 1
Dibaca: 12372 Kali

Hmmmm, menu sayur ini sudah menjadi menu sehari-hari bagi warga Bima. Rasanya asam-asam pedas dan sangat pas disuguhkan dengan nasi panas dan empal daging Rusa. Ya… sayur Saronco Wua Parongge atau dikenal dengan sayur asam klentang. Bahan utama sayur ini adalah buah kelor. Karena pohon kelor banyak terdapat di wilayah Bima.

Disamping daun, buah kelor juga bisa diramu menjadi sayur. Bagi masyarakat Bima, sayur buah kelor bisa dibuat sayur santan dengan daging Rusa, tulang Rusa maupun diramu dalam bentuk sayur asam yang dikenal dengan Saronco Wua Parongge. Dalam bahasa Jawa buah kelor disebut klentang. Buah kelor berbentuk segi tiga memanjang yang disebut klentang (Jawa). Sedang getahnya yang telah berubah warna menjadi coklat disebut blendok (Jawa).

Pengembangbiakannya dapat dengan cara stek.Buah kelor diketahui mengandung alkaloida morongiona yang bersifat merangsang pencernaan makanan. Buah kelor ini biasanya disayur asam sebagai sayur yang lezat bagi orang Bima.Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Saronco Wua Parongge antara lain : 8 batang buah kelor yang besar tapi tidak tua,1 ikat kangkung, 5 butir bemea (okra),6 butir bawang merah (potong-potong),1 buah tomat ukuran besar,2 liter air dan 1 gelas air asam darn 3 batang asam matang. Bumbu-bumbunya antara lain Garam secukupnya, gula seujung sendok teh dan penyedap rasa sedikit bila suka.

 

Baca Juga :


Cara membuatnya Siangi buah kelor dengan cara membuang kulitnya kemudian potong sepanjang 7 atau 8cm, kangkung dipotong-potong, okra dipotong-potong kira-kira 1-2cm (pisahkan), tomat dan bawang dipotong-potong. Rebus air hingga mendidih, masukkan buah kelor terlebih dahulu kemudian diikuti sayuran lainnya. Masukkan bawang merah, tomat dan air asam serta garam dan gula.  Dan masak terus hingaga matang jangan sampai terlalu matang karena buah kelor akan terpisah-pisah dan bamea (okra)  akan terlalu berlendir (Sumber : www.bimacenter.com ) -03



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. Randal Patisamba

    Randal Patisamba

    22 Mei, 2016

    salah satu sayuran kesukaan saya. Kaya nutrisi. Iyaa dimakan dengan lauk empal atau dendeng (rusa), maknyooosss rasanya. :-)


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan