logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kue Khas Bima Pangaha Bunga

Kue Khas Bima Pangaha Bunga

Pangaha Bunga merupakan kue tradisional Bima yang sejak dulu menjadi favorit untuk cemilan saat santai, tekstur dan bentuknya sangat sederhana dan

Kuliner Tradisional

amalina syahidah
Oleh amalina syahidah
31 Mei, 2016 02:52:52
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 51794 Kali

Pangaha Bunga merupakan kue tradisional Bima yang sejak dulu menjadi favorit untuk cemilan saat santai, tekstur dan bentuknya sangat sederhana dan bahannya pun sangat mudah didapatkan, dengan aromanya yang gurih terbuat dari tepung beras ketan dan sangat bebas dari bahan-bahan kimia maupun pengawet, Pangaha Bunga pun sangat tahan lama jika di simpan untuk beberapa minggu.

Pangaha Bunga mempunyai daya tarik tersendiri bagi pecintanya, karena saat di gigit sangat kriuk dan renyah apalagi ditemani secangkir kopi dan teh hangat. Biasanya Pangaha Bunga paling sering dihidangkan pada saat ada hajatan seperti pernikahan maupun acara besar lainnya.

Asal mula Pangaha Bunga menurut beberapa sejarahwan lokal yaitu dibawa oleh orang-orang melayu, ciri dari kue melayu yaitu bermotif bunga. Pangaha Bunga awalnya hanya berkembang di Kampo Melayu dimana para guru Ngaji yang berasal dari Melayu tinggal. Zaman dulu Pangaha Bunga hanya di hidangkan waktu acara Maulid Nabi Muhammad atau di kenal dengan Hanta Ua Pua yang dimulai sejak abad ke 17 oleh Sultan kedua Abdul Khair Sirajuddin.

 

Baca Juga :


Biasanya  Pangaha Bunga banyak di jual di pasar-pasar tradisional dan menjadi populer belanjaan para ibu-ibu untuk camilan di rumah. () -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan