logoblog

Cari

Perlu Dukungan Untuk Temerodok

Perlu Dukungan Untuk Temerodok

Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM melalui Deputi bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha mencanangkan program Gerakan Satu Juta UKM Naik Kelas, pada

Kuliner Tradisional

Erwin Rahadi
Oleh Erwin Rahadi
16 Juni, 2016 01:51:02
Kuliner Tradisional
Komentar: 1
Dibaca: 21287 Kali

Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM melalui Deputi bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha mencanangkan program Gerakan Satu Juta UKM Naik Kelas, pada 2015-2019. Dalam mengahadapi hal tersebut para pelaku UKM khususnya pegolahan makanan dan jajanan yang ada di Desa Sakra yaitu Jajan Temerodok dan Apon Apon perlu di dukung dengan perlindungan Hukum, sehingga bisa bersaing di pasr global yang akan di hadapi pada Tahun 2015 nantinya (MEA 2015) Masyarakat Ekonomi Asean 2015.

Dari 25 pengusaha temerodok dan Apon Apon,yang saya bina saya ambil secara acak di Desa Sakra yang merupakan sumber pembuatan jajanan Temerodok dan Apon Apon masih belum memiliki perijinan PIRT yang di keluarkan oleh Dinas Kesehatan. Alasan mereka tidak memiliki izin tersebut karena ketidak tahuan mereka tentang perijinan tersebut,apalagi untuk mendapatkan sertifikat halal.

Dalam pembinaan yang saya berikan sebelum mendapatkan izin tersebut saya lebih tekankan dari kualitas produk,baik Taste(Rasa) Kemasan,dan Inovasi temerodok dan apon apon yang variatif dengan beberapa rasa dengan tidak meninggalkan rasa original temerodok dan apon apon sehingga bisa masuk ke beberapa sasaran baik yang suka dengan rasa original atau rasa buah dan coklat. Dari segi kemasan saya berharap suatu saat Temerodok dan Apon Apon bisa memiliki kemasan yang berstandar SNI seperti kemasan Biscuit Khong Guan dan produk lainnya yang bisa nantinya bisa di produksi sampai ke seluruh negeri bahkan bisa sampai mancanegara.

Kembali ke aspek legalitas dalam menghadapi MEA 2015, saya berharap dalam pelaksanaan pengurusan izin UKM dari pihak PEMDA bisa memperhatikan hal tersebut dengan tidak memungut pembiayaan dalam pengurusan izin. Jika pembuatan izin seperti SIUP,TDP,HO,NPWRD dan lain sebagainya di berikan keringanan dalam pengurusan,sehingga untuk menciptakan SEJUTA UKM NAIK KELAS cepat terwujud tentunya dengan kualitas produk yang bisa bersaing di pasaran,Bukan hanya di daerah Kabupaten Lombok Timur saja saya berharap di daerah kabupaten Lombok Tengah,Kabupaten Lombok Barat,Kabupaten Lombok Utara,Kota Mataram bahkan di Pulau Sumbawa untuk bisa mengangkat produk unggulan masing-masing dan siap untuk memajukan pelaku UKM. (HARAPAN SAYA).

 

Baca Juga :


Sekarang ada lembaga yang memang memberikan KONSULTASI GRATIS baik dari Kualitas Produk,Legal Aspek,administrasi dan kelembagaan,Pembiayaan dan Permodalan serta Promosi pemasaran dan Jaringan yaitu PLUT (Pusat Layanan Terpadu) Prov. NTB di bawah Kementrian Koperasi dan UKM RI. Alamat Kantor Jln. Pemuda No. 20 Mataram. PLUT KUMKM - NTB Maju bersama KUKM. (erwin.1/08/10/2014)



 
Erwin Rahadi

Erwin Rahadi

- Fasilitator Kesehatan Provinsi Program PKGBM - MCAI - Konsultan PLUT Provinsi NTB Jln. Pemuda No. 20 Mataram - Pengurus HIPMI DPD NTB 2014 - 2017 - PERPUSERU PHASE II Kerjasama CCFI (Coca Cola Foundation Indonesia),Peac Bromo

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM. Tembe Nggoli

    KM. Tembe Nggoli

    08 Oktober, 2014

    Maju terus UKM... I Love you produk Indonesia, kita bangga memiliki jajanan tradisional khas daerah I Love you produk lokal (daerah) Kita siap bersaing dipasar global dalam menghadapi (MEA 2015) Masyarakat Ekonomi Asean 2015


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan