logoblog

Cari

Orang Jakarta Suka Sambal Beberok

Orang Jakarta Suka Sambal Beberok

KM. POKER_ Sahrim wanita tua yang selama ini hanya sebagai ibu rumah tangga dan mengusi anaknya. Wanita berbadan enam ini kemarin

Kuliner Tradisional

KM. Pondok Kerakat
Oleh KM. Pondok Kerakat
30 September, 2016 09:38:39
Kuliner Tradisional
Komentar: 3
Dibaca: 30259 Kali

KM. POKER_ Sahrim wanita tua yang selama ini hanya sebagai ibu rumah tangga dan mengusi anaknya. Wanita berbadan enam ini kemarin pada hari Rabu tanggal 28 Agustus kedatangan dua tamu dari ibu kota yang membuatnya sedikit kelabakan. Tamu ibu kota yang mampir kerumah Sahrim semata-mata membawa tugas untuk menilai anak ke-4 nya yang mengikuti perogram Pemuda Pelopor. Anak ke-4 dari Sahrim ini adalah anggota kampung media dengan nama kampung KM. Pohgading Timur.

Setelah berjam-jam menunggu kedatangan dua juri pusat yang akan menilai saudara Badri (pemilik KM. Pohgading Timur). Akhirnya sekitar pukul 05.15 pm rombongan para juri yang di temani oleh TIM juri Kabupaten dan Provinsi tiba di kediaman Sahrim. Sebelum mereka tiba, Sahrim telah menyiapkan jamuan sederhana seperti ubi jalar rebus dan kelapa muda.

Hampir waktu isya’ (waktu setempat), Calon Pemuda Pelopor (Badri) selesai di interview oleh dua utusan dewan juri yang dari pusat tentang hasil karya tangannya tentang Tekhnologi Tepat Guna. Menu makan malam (dinner) yang  sederhana telah disiapkankan oleh wanita tua tersebut untuk menjamu makan malam para juri dan tamu. Sambal beberok (makanan khas lombok) telah disiapkan dengan beberapa sajian lainnya seperti mentimun dan sayur bening yang semuanya di buat oleh diolah oleh tangan Sahrim.

Ketika makan malam sedang berlangung salah satu dari juri yang dari Jakarta tiba-tiba meminta untuk menambah bebrerok kepada tuan rumah (Badri) yang menemani mereka dengan ucapan “dek, boleh minta lagi sambalnya?”. Dengan nada halus Badri menjawab “gih boleh” dan tangannya langsung mengambil piring beberok si juri lalu meninggalkan meja makan tempat para juri sedang makan sejenak. Setelah beberapa kemudian Badri datang dengan menenteng piring yang beberok permintaan ibu Juri.

“Oh iya dek, saya mau bertanya ini siapa yang buat sambal ini kenapa enak sekali?” juri tersebut kembali lagi melontarkan tanya kepada saudara Badri sambil melahap beberok yang dihadapannya. “itu buatan Ibu ku” sahut Badri dengan nada merendah. “Ini makanan khasnya orang Lombok ya dek?” tanya si ibu lagi. “Iya bu, ini namanya Sambal BEBEROK makanan Khas orang Lombok”.  

 

Baca Juga :


Adik tau, tumben kami menemukan dan mencicipi sambal yang rasanya seperti ini. Kalau saja makanan seerhana seperti ini kami temukan di Jakarta mungkin akan menjadi makanan khas favorit disana. Mengingat Jakarta adalah Ibu Kota, jika sambal ini dijadikan sebagi usaha maka saya yakin Ibunya Mas Badri akan mengantongi uang yang banyak “ungkap salah satu juri yang dari Jakarta “. Badri hanya tersenyum mendengar ungkapan dari ibu jutri tersebut.

Namun, tidak hanya beberok yang mereka sukai. Ibu-ibu para juri meminta agar dibungkusin Ubi jalar rebus dan mentimun, karena menurut ujar beliau, beliau tumben mengkonsumsi ubi jalar dan mentimun yang rasanya khas sekali. _Sahlim.() -03

Salam dari KM. POKER Untuk Segenap Angota kampung untuk mencintai  dan melestarikanlah budaya dan tradisi kita..



 
KM. Pondok Kerakat

KM. Pondok Kerakat

Nama : Sahlim TTL: Sukamulia, 31 Desember 1990 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama: Islam Pekerjaan: Swasta Alamat; Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya Kab. Lotim No HP: 085-337-389-991/081918295283

Artikel Terkait

3 KOMENTAR

  1. KIM Oi Talaga

    KIM Oi Talaga

    01 Oktober, 2016

    mantap, klw kita ke Lombok pasti di suguhi sambal beberok enak n alami


    1. KM. Pondok Kerakat

      KM. Pondok Kerakat

      03 Oktober, 2016

      iyya itu pasti sdra.. silahkan datang saja ke gubuk kami, insyaAlloh senyum ramah akan menyapa saudara..


  2. KM Pohgading Timur

    KM Pohgading Timur

    30 September, 2016

    Masak keeee


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image

Tipi Kampung

 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan