logoblog

Cari

Nikmatnya Sayur Nangka

Nikmatnya Sayur Nangka

NIKMATNYA SAYUR NANGKA DI LENDANG NANGKA KM. MASBAGIK. Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik. Lendang Nangka adalah salah satu desa yang berada di

Kuliner Tradisional

KM Masbagik
Oleh KM Masbagik
02 Oktober, 2016 05:05:11
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 12573 Kali

NIKMATNYA SAYUR NANGKA DI LENDANG NANGKA

KM. MASBAGIK. Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik. Lendang Nangka adalah salah satu desa yang berada di wilayah administratif Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat. Daerah ini sangat menjadi pembicaraan masyarakat luas karena telah ditetapkannya salah satu situs Kuri Dalem Selaparang sebagai Rumah Peradaban Nusantara oleh Tim Balai Arkeologi (BALAR) Bali.

Hal inilah yang membuat penulis untuk melakukan perjalanan ke Desa Lendang Nangka. Setelah bertemu dengan rekan-rekan KM yang lain seperti KM. Sukamulia, KM Pohgading Timur, dan KM Pondok Kerakat kami pun menyusuri berbagai situs yang masih ada di sekitar Kuri Dalem yang barang tentu ditemani juga oleh pemilik Kuri yaitu Mamiq Dayat. Diantaranya situs makam Raden Mas Panji Tilar Negara, situs kebon telage dan areal situs Kuri Dalem Selaparang. Setelah puas berkeliling bersama, kami pun diajak oleh pemilik Kuri untuk beristirahat sambil melepas lelah di rumah yang telah diresmikan menjadi Rumah Peradaban Nusantara tersebut.

Sembari menunggu hujan reda, kami pun melihat-melihat foto-foto yang masih terpampang rapi di sekitaran Kuri setalah beberapa hari sebelumnya diadakan pameran Arkeologi oleh Tim BALAR Bali, dan ada pula yang membaca buku-buku Budaya Sasak yang merupakan koleksi dari Mamiq Dayat. Tak selang beberapa lama,kami pun diajak untuk berkumpul di ruang tengah dan dipersilahkan untuk menikmati santap siang. Namun yang menarik buat penulis karena momentnya sangat bagus yaitu merasakan kuliner sayur nangka di Desa Lendang Nangka. Tentu bagi yang lain hal tersebut itu sudah sangat biasa, tetapi bagi penulis ini adalah peristiwa langka karena sedikit tidak dari penyajian sayur nangka di Desa Lendang Nangka paling tidak akan memberikan kesan tersendiri. Mengingat adanya persamaan kata nangka didalamnya. Memang kenikmatan makan bersama-sama itu tidak ada duanya, ditemani dengan derasnya rintik hujan kami pun menikmati nikmatnya sayur nangka di Desa Lendang Nangka.

 

Baca Juga :


By_Andre D’Jails () -03



 
KM Masbagik

KM Masbagik

Nama: Andre Kurniawan, S. Pd. TTL: Kesik, 01 April 1990. Alamat: Desa Kesik Kecamatan Masbagik. Pekerjaan: Swasta. No. HP: 082340354845. Email: Andrejail17@yahoo.com.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan