logoblog

Cari

Memanjakan Lidah Dengan Opak-Opak

Memanjakan Lidah Dengan Opak-Opak

Pulau Lombok tidak hanya kaya dengan pantai yang indah dan wisata alam pegunungan. Pulau ini bukan hanya memanjakan para surfer, tapi

Kuliner Tradisional

Firman PurnaWirawan
Oleh Firman PurnaWirawan
27 Oktober, 2016 08:45:04
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 24238 Kali

Pulau Lombok tidak hanya kaya dengan pantai yang indah dan wisata alam pegunungan. Pulau ini bukan hanya memanjakan para surfer, tapi juga penikmati kuliner. Ya, Lombok, Nusa Tenggara Barat memang surga pagi pecinta makanan. Terlebih makanan yang bercitara rasa pedas dan kerenyes-kerenyes. Wisata kuliner yang lagi-lagi muncul dikalangan masyarakat termasuk didesa batunyala adalah Geropak.

Geropak adalah jajan khas Lombok yang terbuat dari sinking setelah di tumbuk kemudian di buat menyerupai lingkaran dengan bolongan ditengah. Salah satu desa di wilayah kabupaten Lombok Tengah yakni Dusun Bageq Tenten desa Batunyala Kecamatan Praya Tengah warga menggantungkan ekonomi dari pembuatan jajan opak-opak.

Pembuatannya pun tidak terlalu sulit bahkan tanpa memiliki keahlian khusus, pertama bahan utama yakni singkong ditumbuk halus atau di parut sampai halus, kemudian di bentuk di atas pelastik aluminium dan di kukuh hingga matang. Setelah itu tinggal di jemur sampai kering, penjemuran yang maksimal adalah sekitar 2 hari itupun tergantung dari cuaca sinar matahari. Setelah kering jajan opak-opak tinggal di goring kemudian di sajikan dengan kopi panas rasanya sangat nikmat.

Kuliner khas Lombok ini sudah mulai dikelola di kawasan Desa Batunyala ini. Bahkan warga berlomba-lomba untuk membuat kuliner khas Lombok ini, karena rasa yang super enak. Apalagi saat ini adalah musim hujan dan cocok dihdangkan dengan secangkir kopi hangat.

 

Baca Juga :


Kenapa tidak pemerintah memerhatikan tentang ini, dan dipopulerkan ke masayarakat perkotaan hingga Negara. Ini juga yang menjadi keinginan masyarakat termasuk pembuatan Geropak ini untuk di populerken keberbagai macam desa. Namun sulit karena tidak ada perhatian dari kalangan pemerintah terhadap ini.

Wisata kuliner pulau seribu masjid memang enak dan gurih. Dan pasti ada juga kuliner Lombok yang masih tersembunyi hingga sekarang. () -01



 
Firman PurnaWirawan

Firman PurnaWirawan

Nama saya Firman Purnawirawan. Saya kuliah di IAIN MATARAM dan masuk organisasi para sahabat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Saya anak ke dua dari tiga bersaudara.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan