logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bertandang Ke Bima Jangan Lupa Mencicipi Susu Kuda

Bertandang Ke Bima Jangan Lupa Mencicipi Susu Kuda

Kuliner dengar  kata itu rasanya sudah menelan ludah berkali-kali. Siapa sih yang nggak suka dengan kuliner? Apalagi bagi yang suka jalan-jalan

Kuliner Tradisional

KM rasanaebarat
Oleh KM rasanaebarat
10 Desember, 2016 08:03:35
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 17990 Kali

Kuliner dengar  kata itu rasanya sudah menelan ludah berkali-kali. Siapa sih yang nggak suka dengan kuliner? Apalagi bagi yang suka jalan-jalan untuk berwisata, pastinya setelah dari tempat wisata yang menjadi tujuan utama kemudian mencicipu kuliner khas tempat tersebut, di Bima ada beberapa pilihan kuliner khas yang bisa kamu cicipi saat mampir ke Bumi Maja Labo Dahu.

Beberapa waktu lalu kami dan Bang Fahrurizki berburu kuliner di Donggo. Kami sebagai warga asli Bima tentunya harus mengenalkan beberapa makanan khas kota kelahiran tercinta. Beberapa kuliner khas Bima yang akan kami coba yaitu minum susu kuda di desa Mbawa.

Perburuan ini kami awali dengan makanan khas Bima yang sudah terkenal seantero jagad yaitu Minasarua di Bontokape, Kecamatan Bolo (Sila). Sebelum ke Donggo sangat wajib mencicipi minasarua yang segar dan hangat. Kemudian perjalanan dilanjutkan lagi.

Begitu tiba di Donggo Kami memilih mencicipi susu kuda Pak Yusuf atau biasa disapa Pak Usu sebagai lokasi kuliner khas lokal. Karena lokasinya yang tak jauh dari pemukiman sehingga memudahkan kami untuk menjangkau rumah Pak Usu tersebut. Berjalan  santai dengan beberapa obrolan diantara rumah warga sambil menikmati suasana desa hingga tak terasa kamipun tiba di lokasi.

Setelah  tiba di lokasi tempat susu kuda diolah. kami segera masuk memilih tempat duduk yang nyaman sambil menunggu susu yang langsung diperah. Beruntung waktu itu pengunjung tidak begitu banyak sehingga kami tak perlu waktu lama untuk menunggu.

 

Baca Juga :


Rasanya kecut dan tawar membuat kuliner yang satu ini sangat beda dengan kuliner lainnya. Pak Usu menyarankan ditambah dengan soda sehingga membuat rasa susu kuda menjadi agak lumayan enak. Betul-betul mantap. Katanya susu kuda juga mempunyai khasiat untuk mengobati beberapa penyakit kata Pak Sam, antara lain seperti rematik.

Setelah berlama-lama duduk di lokasi perah susu kuda sambil menikmati pemandangan indah desa Mbawa, kamipun bergegas untuk pulang. Dan juga tidak lupa membeli beberapa botol dengan harga berkisar 50ribu hingga ukuran besar 100ribu untuk oleh-oleh. () -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan