logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menikmati Seafood "Base dan Kekeh" Di Waktu Senja

Menikmati Seafood

Pulau Lombok terkenal dengan potensi waisatanya. Sejumlah potensi wisata yang telah dikembangkan, termasuk berbagai kuliner di daerah ini. Salah satunya, kuliner

Kuliner Tradisional

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
25 Februari, 2017 21:58:22
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 8130 Kali

Pulau Lombok terkenal dengan potensi waisatanya. Sejumlah potensi wisata yang telah dikembangkan, termasuk berbagai kuliner di daerah ini. Salah satunya, kuliner seafood yang kini dapat ditemukan di sepanjang Pantai Ampenan Mataram.Namun yang paling khas dan unik lagi adalah jenis kerang, yang dalam basa sasak disebut ‘base, kekeh’. 


‘Base’ dan ‘kekeh’ merupakan makanan sari laut yang rendah lemak dan banyak mengandung protein. Rasanya pun enak dan lezat. Makanan sari laut yang berkulit keras dan tebal ini banyak ditemukan di tepi laut, yaitu khususnya menjelang bulan purnama. Binatang laut ini pun akan nampak di saat air lagi surut sehingga masyarakat pesisir berbondong-bondong turun ke tepi laut untuk mencari kerang. Dalam bahasa sasak disebut ‘Madaq’.

Bagi masyarakat pesisir yang ada di Pulau Lombok, mencari kerang (base dan kekeh) atau istilah ‘madaq’ adalah suatu bentuk tradisi yang terjadi secara turun-temurun. Tentu mereka tidak asing lagi pada binatang kerang tersebut, bahkan sampai pada tahap pengolahannya. Namun bagi warga masyarakat yang jauh dari tepi pantai, mereka pun dapat menemukannya di berbagai pasar tradisional.

Tapi bagi anda yang pencinta kuliner, dapat berkunjung ke Pantai Ampenan Mataram. Sebab di sepanjang pantai ini 'base dan 'kekeh' dapat ditemukan pada pedagang kuliner seafood. Mumpung bertepatan dengan musim kerang di tepi pantai, pedagang seafood yang ada di pantai Ampenan telah menyiapkan jenis kerang tersebut.

Khusus untuk makanan seafood berupa ‘base’ dan kekeh’ yang ada di Pantai Ampenan, jenis masakannya pun sangat alami, yaitu hanya direbus saja. Jadi cara makannya pun boleh tanpa nasi.  

Lebih asyik jika anda berkunjung ke Pantai Ampenan pada waktu sore. Sebab anda dapat menikmati rona senja di ufuk barat sambil menikmati aneka hidangan makanan, seperti seafood (base dan kekeh). Persoalan harga ekonomis dan memuaskan.

Untuk menemukan Pantai Ampenan, yang mana bila kita berada di kota Mataram-Lmbok, Anda bisa mencari Kota Tua Ampenan yang terletak di jalan Pabean. () -03

 

Baca Juga :






 

 




 

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan