logoblog

Cari

Tutup Iklan

Jajanan Tradisional Wajik Dalam Konteks Psikologi Lansia

Jajanan Tradisional Wajik Dalam Konteks Psikologi Lansia

Bagik Polak Barat - Wajik merupakan jajanan tradisional yang dibuat dari gula merah, santan, ketan dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Namun

Kuliner Tradisional

Julia Tia Saputri
Oleh Julia Tia Saputri
22 April, 2017 15:57:57
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 3472 Kali

Bagik Polak Barat - Wajik merupakan jajanan tradisional yang dibuat dari gula merah, santan, ketan dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Namun apa jadinya jika wajik berkolaborasi dengan salah satu dari 8 tahap perkembangan psikososial Erikson dalam Ilmu Psikologi?

Salah satu dari 8 tahap perkembangan psikososial yang disampaikan oleh Erikson yakni Integrity vs Despair. Tahap ini sangat erat kaitannya degnan kepuasan hidup yang dirasakan oleh seseorang, mereka akan menoleh kebelakang dan mengevaluasi apa saja yang sudah dilakukan dalam hidupnya, positifkah atau negatifkah, serta apa yang bisa ia wariskan kepada generasi dibawahnya.

Ada banyak aktivitas sosial yang dapat dilakukan untuk membantu lansia merasakan kebermaknaan atau kepuasan hidupnya, salah satunya adalah dengan mewariskan keahliannya pada generasi dibawahnya, dalam hal ini dikhususkan pada cucu.

Ditemui langsung dikediaman Hj. Fahriyah di Desa Bagik Polak Barat, ia bersama cucunya Tia (23) membuat jajanan tradisional wajik dibantu oleh kedua anak dan keponakannya.

“Jadi memang ada banyak hal yang dilakukan untuk membantu lansia mencapai kepuasan hidupnya. Saya sendiri sebenarnya tidak bisa menilai apakah seseorang merasa puas dengan hidupnya atau tidak, apakah orang itu sudah bermanfaat untuk lingkungannya atau tidak. Itu kan dari individu sendiri yang menilai. Namun kegiatan yang kami lakukan ini adalah bentuk kegiatan lintas generasi untuk mengisi waktu liburan dengan aktivitas sosial yang bermanfaat” Terangnya sembari mengaduk adonan wajik.

Lebih jauh ia juga menjelaskan bahwa tidak banyak orang yang menganggap aktivitas sosial lintas generasi adalah hal yang penting, khususnya antara cucu dengan kakek atau nenek. Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengisi waktu luang bersama dua generasi di atasnya, sehingga para kakek atau nenek dapat mewarisi keahliannya atau mungkin melalukan aktivitas sosial lainnya agar mereka tidak merasa terabaikan oleh generasi dibawahnya.

Baca Juga :


“Aktivitas sosial lintas generasi banyak jenisnya misalnya misalnya berkebun, bertani, membuat songket, kerajinan dari tanah liat, dan masih banyak lagi. Kalau saya sih biasanya menyesuaikan dengan keahlian kakek atau nenek saya, misalnya kayak ini bikin wajik, karena nenek saya emang pinter masak. Daripada hari libur sibuk sama gadget atau kelayapan seharian, mending ngisi waktu dengan orang tua atau kakek-nenek ” Tutupnya mengakhiri wawancara. (Ly)

First upload: http://kuliner-tradisional.kampung-media.com/2017/04/10/jajanan-wajik-dalam-konteks-psikologi-lansia-18166



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan