logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menikmati Opak-Opak, Matahari Terbit

Menikmati Opak-Opak, Matahari Terbit

Pulau Lombok yang dikenal dengan pulau seribu masjid bukan hanya menyimpan tempat pariwisata yang luar biasa, bukan keindahan juga yang

Kuliner Tradisional

Firman PurnaWirawan
Oleh Firman PurnaWirawan
06 Oktober, 2017 08:27:40
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 2234 Kali

Pulau Lombok yang dikenal dengan pulau seribu masjid bukan hanya menyimpan tempat pariwisata yang luar biasa, bukan keindahan juga yang membuatnya dikenal di semua kalangan Wisata. Pastinya belum lengkap jika hanya wisata keindahan yang menjadikannya terkenal, akan tetapi Kulinernya pun begitu. Nah kalau sudah Wisata keindahan dan kulinernya ada, lengkap sudah Pulau Lombok. Siapa yang tidak tau kuliner pulau Lombok.

Pulau Lombok yang dengan kuliner yang beragam akan memanjakan lidah anda ketika merasakannya. Tentunya anda ketika berkunjung ke Lombok ketika merakan kulinernya, pasti hanya beberapa yang anda coba rasakan seperti ayam Taliwang pelecing dan lainnya. Namun, ada salah satu yang meski anda rasakan kulinernya ketika berkunjung ke Lombok yang akan mengawali pagimu yaitu Jajan Opak-Opak. Opak-Opak yang dikenalkan beberapa minggu lalu di Desa Batunyala ini membuat masyarakat berlomba Lomba untuk membuatnya. Desa Batunyala yang berada di Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah ini mulai memanfaatkan opak-opak sebagai mencari penghasilan.

Memang tidak begitu melimpah harganya akan tetapi ada untuk kemasukan setiap harinya. Kenapa tidak jajan opak-opak ini masuk ke pusat perdagangan yang resmi untuk tempat jual beli seperti Alfamart, J-Mart, Indomart dan pusat perdagangan lainnya. Karena Saya tau keenakan yang berasa dilidah saat dihidangkan. Perlu juga kalian tahu bahwa opak -pak ini dibuat tidak terlalu sulit, hanya kita membutuhkan Ubi dan peralatan rumah tangga. Cara Membuatnya saja tidak terlalu Sulit. Hanya saja proses pengeringan yang mbuatnya lama. Kok malah bembahas Alfamart atau Indomart, heee. Nah Sahabat Jajan opak-opak ini enak dihidangkan saat pagi pagi buta, ditemani secangkir kopi hangat. Apalagi Saat hujan tiba anda merasakannya, wih sangat begitu wenak deh sahabat. Bagi Anda yang ingin merasakan bagaimana kenikmatan rasa jajan opak-opak ini datang saja ke Batunyala. Anda juga bisa melihat cara membuatannya juga yang masih klasik. Jika anda yang berkunjung untuk menikmati keindahan Lombok, sekali-sekali mampir ke Desa Opak-opak ini. Biar Anda tau bagimana rasa opak-opak pagi hari saat matahari terbit.

 

Baca Juga :


Pasti Anda akan tergiur untuk jajannya dan akan lupa waktu lain. Intinya, bukan hanya jajan modern yang memiliki kelezatan akan tetapi tradisional pun tidak kalah lezat buat dinikmati. Keinginan masyarakat Desa Batunyala membuat jajan opak-opak adalah supaya khasnya tidak hilang. Ketakutan inilah yang menjadi pikiran masyarakat setempat untuk segera dipromosikan kembali. Dan harapannya ke depan adalah somoga jajan opak-opak ini lebih berkembang dan banyak dipromosikan ke semua orang..



 
Firman PurnaWirawan

Firman PurnaWirawan

Nama saya Firman Purnawirawan. Saya kuliah di IAIN MATARAM dan masuk organisasi para sahabat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Saya anak ke dua dari tiga bersaudara.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan