logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kuliner Seafood Di Pantai Ampenan

Kuliner Seafood Di Pantai Ampenan

Pantai Ampenan merupakan salah obyek wisata pantai yang cukup terkenal di Pulau Lombok. Pantai yang terletak di Jalan pabean Kota Tua

Kuliner Tradisional

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
28 November, 2017 22:20:51
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 18958 Kali

Pantai Ampenan merupakan salah obyek wisata pantai yang cukup terkenal di Pulau Lombok. Pantai yang terletak di Jalan pabean Kota Tua Ampenan Mataram ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini pun juga dikenal sebagai pantai yang bersejarah karena di lokasi ini merupakan bekas Pelabuhan terbesar di pulau Lombok dan mampu menjalin hubungan perdagangan dengan pelabuhan besar lainnya, seperti pelabuhan Makssar, Bali, bahkan pedagang-pedagang dari negeri Arab dan Tiongkhoa datang di kawasan ini untuk menghidupkan perekonomian Lombok dengan melalui Pelabuhan Ampenan. Itulah sebabnya di sekitar pantai ini banyak terdapat peningglan bangunan-bangunan tua yang dibangun oleh orang Belanda ketika pelabuhan di lokasi pantai ini masih berjaya. Sehingga kini kita dapat menyaksikan 3 etnis non sasak yang menjadi penduduk tetap di kawasan ini, yakni penduduk yang datang dari tanah Bugis Sulawesi Selatan, orang Arab, dan keturunan Tiongkhoa.

Suatu keunikan yang dimiliki oleh Pantai Ampenan adalah para wisatawan dapat menikmati keindahan bola surya yang secara perlahan turun ke peraduannya. Selain itu, di tepi pantai ini, para wisatawan dapat menyaksikan perahu-perahu nelayan dan kapal-kapal yang mengangkat minyak tanah atau barang lainnya. Air pantai yang begitu jernih membuat ketertarikan para pengunjung atau wisatawan untuk berendam ataupun berenang sembari berkencan dengan ombak kecil yang bersahabat. Pasir hitam nan halus yang memanjang mempengaruhi sebagian pengunjung untuk menjelajah pada sudut-sudut pantai yang menghadap ke Gunung Agung yang ada di Pulau Dewata.