logoblog

Cari

Tutup Iklan

Cerorot, Panganan Lokal Yang Istimewa

Cerorot, Panganan Lokal Yang Istimewa

Berbicara tentang panganan lokal. Setiap daerah memiliki panganan khas yang ada sejak bertahun-tahun bahkan berabad-abad yang lalu. Salah satu pangan lokal

Kuliner Tradisional

Nadya Elya
Oleh Nadya Elya
14 Desember, 2017 10:54:53
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 26079 Kali

Berbicara tentang panganan lokal. Setiap daerah memiliki panganan khas yang ada sejak bertahun-tahun bahkan berabad-abad yang lalu.

Salah satu pangan lokal unik di Lombok adalah Cerorot. Jajanan ini ada di Lombok sejak lama. Bentuk kerucut yang unik membuat jajanan ini berbeda dari jajanan khas di daerah lain.cerorot memiliki wadah pembungkus yang unik dan khas.

Wadah cerorot haruslah dibuat dengan hati hati dan telaten. Menggunakan daun kelapa yang tentunya sudah diukur dengan baik. Bungkus cerorot dipastikan harus rapat dan kuat. Karena adonan yang cair akan meluber jika wadah tidak dibuat dengan baik.

Komposisi jajanan adalah hal penting dalam menentukan cita rasa. Jajanan ini memiliki kualitas komposisi yang baik. Gula aren yang nikmat harus dipilih menjadi komposisi dalam adonan cerorot. Begitupun dengan tepung , tepung beras menjadi campuran adonan cerorot. Beraspun haruslah berkualitas. Santan memberikan rasa gurih pada cerorot dan garam menjadi komposisi penyeimbang rasa.

Kualitas rasa sudah tentunya tidak diragukan lagi, rasa manis dan gurih menyatukan keistimewaan rasa cerorot ini. Aroma khas gula aren dan daun kelapa menjadi aroma yang menggugah selera penikmat kuliner.

 

Baca Juga :


Yang berbeda dan unik dari jajanan ini adalah cara menikmati jajanan ini, daun kelapa yang menjadi wadah pembungkus jajanan ini tidak perlu dibuka tapi cukup hanya dengan memutar bungkusnya jajanan ini langsung dapat dinikmati.

Keistimewaan cerorot menunjukan keistimewaan warga Lombok. Warga Lombok biasanya menyediakan jajanan ini dalam berbagai acara syukuran tradisi Lombok. Tidak lengkap rasanya jika tidak ada cerorot yang memenuhi piring-piring saji.

Sumber Foto : Inspirasi Baking



 
Nadya Elya

Nadya Elya

Proud Indonesian, Worker by day email : nadyaelyanp@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan