logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bebetok Makanan Tradisional Lombok

Bebetok Makanan Tradisional Lombok

Kuliner menjadi salah satu daya tarik daerah di nusantara. Cita rasa kuliner menjadi salah satu pemikat pecintanya. Salah satu daerah yang

Kuliner Tradisional

Nadya Elya
Oleh Nadya Elya
16 Januari, 2018 15:30:54
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 22551 Kali

Kuliner menjadi salah satu daya tarik daerah di nusantara. Cita rasa kuliner menjadi salah satu pemikat pecintanya. Salah satu daerah yang memiliki sajian kuliner dengan sejuta rasa adalah pulau Lombok.

Salah satu makanan tradisional Lombok adalah Bebetok. Bebetok merupakan makanan tradisional yang bisa ditemukan di masyarakat pedesaan. Panganan ini merupakan pangan lokal warisan nenek moyang.

“Resep bebetok saya dapatkan dari nenek saya, makanan sudah lama ada di Lombok dari jaman nenek moyang dulu,” ungkap Jumaiyah, Senin (15/01).

Lombok memilki kuliner tradisional yang unik dan memiliki cita rasa khas. Berbicara cita rasa tentunya tidak terlepas dari komposisi sajian kuliner. Keaslian rasa menjadi keunikan tersendiri pada kuliner tradisional Lombok.

Bahan dasar bebetok adalah parutan kelapa yang diramu dan dicampurkan dengan beberapa bumbu dapur. Bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan penyedap rasa menjadi bumbu bebetok. Yang istimewa dari panganan lokal ini adalah parutan kelapa dibalut dengan daun talas. Daun talas menjadi pembungkus parutan kelapa yang sudah diberi bumbu khas Lombok. Daun talas memiliki tekstur yang lembut akan terasa lumer di mulut. Masih lekat dengan cita rasa pedas, makanan ini berkuah. Selain rasa gurih dari kelapa, kuah santan juga menambah kesempurnaan rasa bebetok.

Makanan ini sebagai sayuran pendamping nasi, makanan ini juga biasanya dimakan dengan lontong.

 

Baca Juga :


“Bebetok enak dimakan dengan nasi hangat. Bisa juga dengan lontong,” imbuhnya.

Memasak bebetok butuh kehati-hatian dan ketelatenan juru masak. Bebetok yang dimasak dengan keahlian khusus akan menciptakan rasa yang  lezat. Memasak bebetok butuh 10 sampai 15 menit.

Makanan ini juga merupakan menu makanan yang disajikan masyarakat pedesaan saat kenduri.  Masyarakat Lombok memaknai makanan ini sebagai makanan yang mengeratkanpersaudaraan karena makanan ini biasa dinikmati bersama kerabat dan keluarga.

Sumber Foto: imgrum



 
Nadya Elya

Nadya Elya

Proud Indonesian, Worker by day email : nadyaelyanp@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan