logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kerang Bakar Lokan, Ditemani Sunset Pantai Ampenan

Kerang Bakar Lokan, Ditemani Sunset Pantai Ampenan

Selalu ada hal unik jika berbicara tentang Kota Tua Ampenan, mulai dari sejarah, obyek wisata, hingga sajian kulinernya. Pantai Wisata Kota

Kuliner Tradisional

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
21 Maret, 2018 06:50:24
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 3723 Kali

Selalu ada hal unik jika berbicara tentang kota tua Ampenan. Mulai dari sejarah, obyek wisata, hingga sajian kulinernya. Pantai wisata kota tua Ampenan misalnya, kini menjadi obyek wisata andalan di Kota Mataram. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, membuat tempat ini seakan menjadi primadona terutama bagi wisatawan lokal.

Ketika berkunjung ke pantai wisata kota tua Ampenan, pengunjung tidak hanya bisa menikmati matahari terbenam. Namun juga bisa menjumpai berbagai olahan seafood, mulai dari ikan bakar, cumi-cumi, kepiting, dan yang menjadi andalan adalah kerang bakar lokan.

Kerang bakar lokan di tempat ini berbeda dari kerang bakar di tempat lainnya. Selain memiliki ciri khas dan tekstur yang lembut, kerang yang sudah melalui proses pembakaran ini juga memiliki rasa yang enak dan benar-benar mampu memanjakan lidah.

Salah seorang pengunjung, Silviana mengatakan, setiap berkunjung ke Pantai Ampenan wajib mencicipi kerang bakar lokan. "Rasanya enak dan lezat, bikin ketagihan. Tidak cukup makan satu saja," ujar gadis cantik pecinta kuliner ini.

Hal senada juga diungkapkan Nurul Hidayati. Olahan kerang bakar di tempat ini memang berbeda dengan di tempat lain. "Ini berbeda dari yang biasa saya makan di tempat lain. Cuminya juga enak, suasananya juga yang membuat kita betah berlama-lama di sini. Apalagi ditemani sunset jadi tambah asyik," ungkap Nurul yang berprofesi sebagai Guru SD di salah satu Sekolah Negeri di Mataram tersebut.

Untuk bisa menemukan olahan kerang bakar lokan ini, pengunjung bisa mampir di salah satu warung sederhana milik Eny Fatmiati yang berlokasi di pojok Pantai Ampenan. Letaknya yang strategis membuat warung ini selalu ramai pengunjung. Tingkat keramaian pengunjung biasanya terjadi pada hari libur seperti hari Minggu dan sore hari menjelang matahari terbenam. "Pengunjung biasanya datang dari berbagai daerah. Tidak hanya wisatawan lokal tapi juga luar daerah, salah satunya dari Bandung," ujar Eni, pemilik Warung.

Selain menyediakan olahan kerang bakar, warung sederhana ini juga menyediakan berbagai olahan makanan laut lainnya, salah satunya adalah cumi asam manis dan kepiting yang juga tak kalah enak dan lezat. Harga untuk satu porsi berkisar Rp.35-50 ribu sesuai ukuran dan jenis makanan laut yang dipilih.

Untuk menghasilkan olahan kerang  bakar lokan yang lezat dan enak membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Kerang yang sudah dibersihkan direbus terlebih dahulu bersama cangkang hingga mendidih agar menghasilkan tekstur yang lembut, dan menghilangkan bau amis dari kerang itu sendiri. Proses perebusan ini membutuhkan waktu sekitar 5 Menit dengan menggunakan api sedang. Setelah kerang mendidih, lalu diangkat bersama cangkang untuk kemudian diberi bumbu. Bumbu yang digunakan pun cukup sederhana. Mulai dari tomat, bawang bombay, garam dan sedikit saus, untuk menghasilkan rasa yang berbeda. Setelah diberi bumbu lalu kerang pun siap untuk dibakar. Proses pembakaran membutuhkan waktu sekitar 5 Menit dengan menggunakan alat pemanggang besar agar hasil pembakaran merata dan bumbu bisa meresap. Setelah melalui beberapa proses tersebut, kerang bakar lokan pun siap untuk dihidangkan. Bersama es kelapa muda sambil ditemani dan menikmati matahari terbenam (sunset) di pinggir Pantai Ampenan, membuat olahan kerang bakar lokan ini menjadi istimewa. Selain lezat juga cocok menjadi menu andalan saat berkunjung ke pantai wisata kota tua Ampenan yang bersejarah. (Lulu).






 

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan