logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kopi Tujak Sajang Sembalun Yang Khas

 Kopi Tujak Sajang Sembalun Yang Khas

Kopi merupakan jenis minuman dengan citarasa sangat khas. Dengan citarasanya yang khas ditambah adanya pengaruh fisiologis kesegaran setelah minum menyebabkan kopi

Kuliner Tradisional

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
10 April, 2018 17:44:30
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 1870 Kali

Kopi merupakan jenis minuman dengan citarasa sangat khas. Dengan citarasanya yang khas, ditambah adanya pengaruh fisiologis kesegaran setelah minum menyebabkan kopi banyak diminati oleh konsumen di seluruh dunia. Pada umumnya kopi dikonsumsi bukan karena nilai gizinya, melainkan karena nilai citarasa dan pengaruh fisiologisnya tersebut.

Biji kopi beras belum mempunyai karakter citarasa khas kopi tetapi hanya mengandung senyawa-senyawa prekursor (calon) pembentuk citarasa. Karakter citarasa kopi baru terbentuk setelah biji kopi disangrai. Selama penyangraian terjadi reaksi kimiawi yang kompleks sehingga terbentuk komponen-komponen kimiawi pembentuk karakter kopi yang bersifat khas. Sampai saat ini telah dapat dideteksi lebih dari 800 senyawa kimia pembentuk aroma, di samping itu masih banyak komponen-komponen yang belum dapat dideteksi, termasuk senyawa-senyawa non volatila.

Karakteristik kopi sangat kompleks dan sampai saat ini hanya dapat dinilai berdasarkan uji inderawi, karena belum tersedia metode penilaian kuantitatif menggunakan alat yang dapat menilai karakter kopi secara penuh.

Untuk itu, untuk mendapatkan kopi yang nikmat perlu sentuhan tangan ahlinya yang sudah memiliki pengalaman penuh dan lama brgelut dengan kopi dalm proses sangrainya.

Kopi Tujak Sajang Sembalun kabupaten lombok timur NTB memiliki hal tersebut, dimana dalam pengolahan kopi bukan saja memilih biji kopi yang berkualitas dan mateng dengan sempurna, tapi ketika disangrai secara tradisional juga menggunakan alat-alat pilihan seperti wajan tanah ( kete ) dan kayunyapun menggunakan kayu yang benar-benar padat seperti kayu dari batang kopi itu sendiri karena hal tersebut juga mempengaruhi citarasa kopi yang has.

Ketika di haluskan kopi Tujak ditumbuk menggunakan lesung kayu sampai lembut setelah lembut barulah Kopi Tujak difilter untuk mencari bubuknya yang halus.

 

Baca Juga :


Jika anda ingin menikmati Kopi Tujak Sajang Sembalun maka anda bisa menghubungi kami dan bisa datang langsung ke lokasi kami yang berada di Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur NTB.

Kami siap menemani anda keliling kebun kopi dan mencoba membuat sendiri kopi Tujak tersebut sehingga dengan demikian anda bisa mengetahui lebih dalam bagaimana kopi tujak ini di proses.

By Hajrul Azmi



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan