logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menyantap Oha Po'O Dan Oha Santa Pejo

Menyantap Oha Po'O Dan Oha Santa Pejo

(KM.Sarangge) Nongkrong di lapangan Sera Suba alun alun kota Bima belumlah lengkap jika tidak menikmati dua Oha atau penganan nasi khas

Kuliner Tradisional

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
23 Mei, 2018 08:34:16
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 3366 Kali

(KM.Sarangge) Nongkrong di lapangan Sera Suba alun alun kota Bima belumlah lengkap jika tidak menikmati dua Oha atau penganan nasi khas Bima Ini. Namanya Oha Santa Pejo Dan Oha Po o. kedua makanan ini berbahan dasar beras ketan, kelapa parut dan Pejo atau kacang merah. Kedua makanan ini mengalami proses masak yang sama yaitu dengan cara disantan. sehingga dinamakan Oha Santa. Yang membedakan adalah taburan Pejo atau kacang merah pada oha santa pejo dan taburan kelapa parut yang dibubuhi gula merah maupun gula putih pada oha Po o. Pada masa lalu Oha santa pejo tidak ditaburi kelapa parut dan gula. Tapi di kedai Oha Po o di Sera suba, Sefo( penjual oha po o) menaburkan kelapa parut dan gula merah pada Oha Santa Pejo.

Kedua oha ini sebenarnya ada dimana mana di belahan nusantara, terutama pada masyarakat Melayu. Penamaan dan istilahnya saja yang berbeda di masing masing daerah. Pada masa lalu, 0ha Po o maupun oha santa pejo biasa disuguhkan pada hajatan warga terutama memasuki hajatan Wura Bola atau Misfus sya'ban. Dalam menyambut ramadhan, nasyarakat Bima menggelar Doa Bola atau Do a Misfus Sya’ban.

Sefo menuturkan bahwa sudah tiga tahun terakhir menggeluti usaha berjualan Oha Po o dan Oha Santa Pejo. " sebelum pengalihan satu jalur jalan di kota Bima, setiap malam bisa laku sampai lebih dari satu juta rupiah, tapi sekarang hanya sekitar lima ratus ribu rupiah. " Kata Istri Sefo. Kedai Sefo buka setiap hari mulai sore hingga tengah malam. Sefo mengemukakan bahwa menjual Oha Po o dan Oha Santa Pejo dilatarbelakangi keinginan untuk melestarikan kuliner tradisional di tengah gempuran makanan instan dan impor yang marak saat ini.

 

Baca Juga :


Harga satu piring Oha Po o maupun Oha Santa Pejo adalah Rp.10.000. Rasanya maknyos dan bisa menjadi alternatif santap malam santai sambil menikmati suasana malam kota Bima. Ayo cintai kuliner khas Bima.......!(alan)



 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan