logoblog

Cari

Sarabi Yang Menggoda

Sarabi Yang Menggoda

(KM.Sarangge) Di Bima nama penganan ini disebut Sarabi. Entah apa namanya di daerah anda. Aromanya cukup menggoda selera karena warna hijau

Kuliner Tradisional

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
23 Mei, 2018 08:23:13
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 5304 Kali

(KM.Sarangge) Di Bima nama penganan ini disebut Sarabi. Entah apa namanya di daerah anda. Aromanya cukup menggoda selera karena warna hijau Sarabi adalah dari pewarna alami daun pandan. Sarabi disantap dengan air santan kepala dicampur gula merah atau gula putih. Tapi kebanyakan dengan air kelapa muda dan kelapa muda dicampur gula.Saya lebih suka Sarabi dengan air kelapa muda. Rasanya Maknyos.

Di Bima, penganan dari beras ini cukup diminati sebagai menu berbuka puasa dan juga saat duduk santai usai melaksanakan shalat Taraweh. Sarabi juga lebih nikmat disantap dalam keadaan dingin. Apapun alasannya, Sarabi tetap menggoda selera di bulan ramadan yang mubarak.

Bahan untuk membuat Sarabi adalah beras, daun pandan, santan kelapa. Beras direndam dan setelah kering airnya digiling menjadi tepung. Setelah itu digoreng tanpa minyak ( Sangrai). Setelah beras matang, kemudian didinginkan. Setelah itu dicampur dengan air dan menjadi adonan. Sarabi tidak boleh terlalu cair dan terlalu kental. Setelah dibakar dalam sebuah wajan dari tanah dan pembakaran dengan kayu. Proses pembakaran hanya beberapa dengan cetakan khusus yang ditempatkan pada wajan tersebut. Sarabi  kemudian diangkat dari wajan dan cetakan dengan alat atau pisau khusus.(alan)

 

Baca Juga :




 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan