logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sepat, Menu Pilihan Buka Puasa

Sepat, Menu Pilihan Buka Puasa

Buka puasa bersama adalah sesuatu yang menyenangkan.  Namun yang menjadi pemikiran adalah menu yag cocok. Agar tidak bingung memikirkan menu buka

Kuliner Tradisional

ANDI MULYAN
Oleh ANDI MULYAN
09 Juni, 2018 21:43:52
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 4267 Kali

Buka puasa bersama adalah sesuatu yang menyenangkan.  Namun yang menjadi pemikiran adalah menu yag cocok. Agar tidak bingung memikirkan menu buka puasa, anda dapat “ngabuburit” di Kompleks Islamic Center. Areal kuliner ramadhan Islamic Center menyajikan ragam menu untuk buka puasa. Mulai dari makanan khas Lombok, makanan khas Sumbawa, makanan modern, hingga makanan khas Turki telah tersedia di tempat ini. Namun bagi saya, lebih tetarik pada aneka masakan ikan segar dengan nuansa sajian tradisional.

Ide kuliner masakan ikan segar ini adalah salah satu bentuk sosialisasi yang bertujuan untuk mengajak masyarakat sekitar yang ada di Mataram agar dapat menkomsumsi ikan segar biar sehat, kuat dan cerdas. Selain itu, agar masyarakat NTB di Mataram dapat mengenal  ragam budaya masakan ikan yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Salah satu jenis masakan ikan yang unik dan segar di komplek Islamic Center Mataram adalah jenis masakan ikan khas Sumbawa yang disebut “Sepat”. Jenis masakan tradisional ini merupakan salah satu jenis makanan yang  sangat diminati oleh para pengunjung yang doyang makan ikan segar.

Menu masakan Ikan khas Sumbawa yang unik ini terbuat dari ikan bakar dan rempah-rempah pilihan. Masakan segar ini dilengkapi dengan  terong yang di bakar, mangga muda, jambu mente, dan seeping (asam muda).

Budaya makan Sepat adalah budaya makan dari orang Sumbawa yang senantiasa menghargai dan melestarikan Warisan kuliner nenek moyang mereka. Tapi bukan hanya itu, dengan menkomsumsi “Sepat” kita pun dapat menjadi sehat,non kolestrol, high protein.

 

Baca Juga :


Aty (32 tahun) mengatakan “kami sengaja meampilkan makanan khas Sumbawa yang disebut “Sepat” agar orang tahu kalau Sumbawa juga punya masakan tradisional berupa ikan yang enak,”kata Aty.

“Melalui Pesona Ramadhan di Ilamic Center ini, kita juga mengajak masyarakat untuk bisa makan ikan agar mereka sehat, kuat dan cerdas,” kata Aty kembali.

Bahan sepat Sepat yang lebih komplit, yakni ikan,ayam atau udang yang dibakar kemudian dimasukkan kedalam kuah asam yang sudah di campur dengan bahan-bahan yang dibakar juga seperti bawang merah,cabai,terong dan tomat. Biasanya dicampur juga dengan daun-daun mentah seperti Aru,Lomo,daun bawang dan Ruku. Bahan-bahan inipun tergantung selera si penikmatnya. Begitu juga dengan asam yang digunakan, bisa juga asam jawa (bage/seping), belimbing wuluh (binang) dan mangga muda yang ditambah dengan perasan jeruk limau. []
 

 



 
ANDI MULYAN

ANDI MULYAN

Andi Mulyan, Tinggal di Kota Mataram Bintang : Aries Hobby : Musik Dangdut dan Menulis

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan