logoblog

Cari

Tutup Iklan

Makan Sepi Di Kala Sepi

Makan Sepi Di Kala Sepi

(KM. Makembo ) Sepi memang tidak berarti sepi. Sepi adalah makanan khas Bima yang terbuat dari udang rebon yang difermentasi dengan

Kuliner Tradisional

KM. Makembo
Oleh KM. Makembo
11 Oktober, 2018 07:42:53
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 1955 Kali

Sepi memang tidak berarti sepi. Sepi adalah makanan khas Bima yang terbuat dari udang rebon yang difermentasi dengan garam saja sehingga mengeluarkan aroma khas. Tumi berarti tumis. Sedangkan Sepi adalah anak udang yang sangat kecil yang di Bima disebut Sepi bou atau udang rebon baru. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam meramu Tumi Sepi antara lain 2 sendok makan Sepi, 1 ruas jari lengkuas, 1 lembar sereh, 2 genggam kemangi, 1 sendok makan minyak goring dan 100ml air. Sedangkan bumbu-bumbunya harus semua diiris, antara lain, 10 butir bawang merah,5 siung bawang putih,1 buah tomat ukuran besar,7 buah belimbing sayur,5 buah cabe keriting,1-15 buah cabe rawit biarkan utuh,Garam secukupnya dan Gula pasir ½ sendok teh.
Cara membuat resep Tumi Sepi adalah dengan cara memanaskan minyak. Kemudian tumis semua bumbu yang sudah diiris masukkan daun sereh dan lengkuas setelah harum masukkan Sepi, garam secukupnya dan gula pasir, masukkan 100ml air, aduk-aduk terus hingga matang. Sebelum diangkat masukkan cabe rawit dan kemangi biarkan cabe rawit layu setelah itu angkat. Siap dihidangkan dengan lalapan. Cocok dihidangkan bersama sayur asam atau sayur bening.

Sepi bisa juga dikonsumsi langung tanpa dimasak terlebih dahulu. Tambahkan cabe rawit (potong-potong) dan air jeruk purut, lebih sedap bila kulit jeruk purut diiris-iris dicampurkan dengan Sepi (sebelumnya jeruk purut dimemarkan dulu untuk membuang rasa getir).Atau juga bisa dicampurkan dengan mbohi dungga (Sambal dari parado).Hm..... Tumi Sepi sangat cocok untuk disantap di malam hari terutama di saat-saat sepi. Sepi  di kala sepi.(Y)

 

Baca Juga :




 
KM. Makembo

KM. Makembo

Pemimpin/Penanggungjawab : Ruslan. S.Sos ( Alan Malingi ) Bidang Pubdok/Kampung Media Ketua : Rahmat Hidayatullah Wakil Ketua : Dedy Kurniawan Sekretaris : Badrunsyah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan