logoblog

Cari

Singang, Pendamping Pilihan Ketika Hujan

Singang, Pendamping Pilihan Ketika Hujan

Saat cuaca sering mendung dan potensi hujan tinggi seperti belakangan ini, biasanya banyak orang yang menginginkan makanan hangat dan berkuah. Kebanyakan

Kuliner Tradisional

Putri Arifatul Fajriyah
Oleh Putri Arifatul Fajriyah
16 November, 2018 09:12:37
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 3434 Kali

Saat cuaca sering mendung dan potensi hujan tinggi seperti belakangan ini, biasanya banyak orang yang menginginkan makanan hangat dan berkuah. Kebanyakan orang pun memilih mi kuah instan sebagai “pendamping” ketika hujan. Namun sebenarnya, banyak pilihan makanan hangat berkuah yang bisa dinikmati ketika cuaca dingin, dengan rasa yang lebih nikmat dan tentunya lebih sehat. Salah satunya adalah singang.

Singang adalah kuliner khas yang menjadi kebanggan masyarakat Sumbawa. Singang merupakan sebuah makanan berkuah kuning dengan ikan di dalamnya. Kuah singang biasanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti kunyit, asam, cabai merah, bawang merah, tomat, kemiri, daun kemangi yang disebut kukit atau ruku dalam bahasa Sumbawa, dan diberi garam, serta sedikit gula pasir (bila perlu). Adapun ikan yang biasa digunakan saat membuat singang adalah ikan berjenis bandeng atau nila, namun bisa juga menggunakan ikan berjenis lain sesuai selera, bahkan jika kurang menyukai ikan, bisa menggunakan udang, kepiting, atau bahan lain sebagai pengganti ikan.

Rasa dari singang ini pun tidak perlu diragukan lagi, terutama untuk siapa saja yang menyukai makanan berkuah dengan perpaduan rasa yang komplit, yaitu sedikit asam, sedikit manis, bahkan bisa dibuat sedikit pedas dengan menambahkan cabai pada kuah singang saat penyajiannya. Singang paling sedap jika dinikmati dalam keadaan hangat sebagai pendamping nasi. 

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan