logoblog

Cari

Paket Peraq Api, Menu Khas Warga Kopang

Paket Peraq Api, Menu Khas Warga Kopang

Kopang – KM. Bagi Anda yang senang memburu kuliner khas, mungkin paket menu Peraq Api yang bisa mengusir rasa penasaran Anda.

Kuliner Tradisional

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
10 Januari, 2019 12:04:05
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 1768 Kali

Kopang – KM. Bagi Anda yang senang memburu kuliner khas, mungkin paket menu Peraq Api yang bisa mengusir rasa penasaran Anda. Seperti halnya daerah lain, urusan wisata kuliner memang tidak ada habisnya. Bagi yang hobi makan, menjelajahi makanan, dimanapun menjadi keasyikan tersendiri. Makanan tak lagi soal rasa, namun tempat pun ikut mempengaruhi selera sekaligus suasana.

Itulah, kenapa terkadang Menu Peraq Api - Bale Bangket - Kopang, bisa berbeda rasa bila dinikmati di hotel maupun restoran mewah. Sekali lagi atmosfir, alam terbuka yang mempengaruhi selera.

Peraq Api, merupakan sebuah ritual khas masyarakat Sasak di Lombok. Ini sebagai bentuk rasa syukur atas lahirnya seorang bayi. Ritual Peraq Api ini, biasanya digelar pagi hari, dimana suasana sarapan pagi tengah menggeliat. Pada saat itulah menu Peraq Api ini dihidangkan oleh keluarga sang bayi. Namun sebelumnya, diawali dengan melantunkan shalawat dzikir bagi keluarga dekat tetangga sekitar rumah.

Menu Peraq Api terdiri dari paket Topat (ketupat), serbuk (urap), Pelalah Manuk, Urap Jambah, dan Antap Ragi Arab. Menu ini memang menggugah selera khas pagi hari. Saat yang tepat bila menu ini disantap pagi hari, saat-saat waktu sarapan pagi. Namun bagi Edy Donyok, pemilik kafe Bale Bangket Kopang ini, tidak menutup bila Anda ingin mencicipi paket menu Peraq Api ini pada siang atau malam hari. “Di luar waktu pagi, silahkan pesan menu paket Peraq Api melalui WA 087765222212,” kata lelaki pehoby kuliner ini.

Lokasi Bale Bangket memang berada cukup strategis. Dari Arah Masjid Darussalam Kopang, sekitar 500 m ke utara (depan bakso Kopang) belok kanan. Berada di tengah tengah persawaan dan desiran Kokoh Sempur, Bale Bangket siap menghidangkan pesanan anda. Bagi Anda pecinta kuliner, menikmati seporsi menu Peraq Api memang beda rasanya bila disantap di alam terbuka. Anda sendiri yang membedakan, mana lebih nikmat disantap di alam terbuka atau di hotel? Tentu suasana alam atmosfir yang terbuka seperti Bale Bangket akan terus menggugah selera.

 

Baca Juga :


Bale Bangket tidak sekedat menyediakan paket menu Peraq Api, tapi ada paket Ayam bakar (ayam kampung), Nila bakar, Pelecing kangkung, Antap Ragi Arab, Beberoq, Kedantuk dan banyak menu khas Kopang lainnya. Kalau sedang haus, bale Bangket juga menyediakan minuman segar “water melon” penghapus sang dahaga.

Maka puaslah perjalanan kuliner Anda jika sudah mencicipi paket menu Peraq Api, menu kuliner khas warga Kopang. Menikmati gurihnya paket menu Peraq Api, akan semakin nikmat bila dinikmati bersama keluarga, kerabat hadai tolan. Apalagi bila Anda sepasang muda-mudi, suasana romantis begitu saja tercipta. Rasa lelah dan penat sirna seketika. Kenapa bisa begitu? Ya, sekali lagi atmosfir, alam terbuka yang mempengaruhi selera makan.

Soal harga, masih tergolong murah meriah dibanding harga lesehan dikota. Untuk porsi paket menu Peraq Api, dibandrol seharga Rp.14.000. Paket ini terdiri dari ketupat, Urap, Pelalah manuk dan Antap Ragi Arab. Wow…maknyooos…. []



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan