logoblog

Cari

Khasiat Mina Sarua

Khasiat Mina Sarua

Desa Bontokape Dusun Sumbawa Mina Sarua SMS dan Desa Darussalam adalah dua desa yang ada di kecamatan Bolo kabupaten Bima Prov.

Kuliner Tradisional

Uba Leu
Oleh Uba Leu
22 Januari, 2019 10:09:12
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 15572 Kali

Desa Bontokape Dusun Sumbawa Mina Sarua SMS dan Desa Darussalam adalah dua desa yang ada di kecamatan Bolo kabupaten Bima Prov. Nusa Tenggara Barat yang dimana dua desa tersebut adalah desa yang masih memiliki warisan leluhur yang khasiatnya luar biasa untuk kita semua,

Masyarakat Desa Bontokape Dusun sumbawa mina sarua SMS dan Desa Darussalam  selain berprofesi sebagai guru, nelayan  dan bertani kedua desa tersebut memiliki usaha yakni berjualan mina sarua yang kalau dijual harga mina sarua tersebut berkisar Rp 20.000 perbotol tanggung.  

Mina Sarua atau obat tradisional Bima  merupakan minuman khas yang dimiliki dan dikonsumsi oleh masyarakat Bima-Dompu yang pusat produksinya berada Kecamatan Bolo, khususnya di Desa Bontokape Dusun Sumbawa Mina Sarua SMS dan Desa Darussalam.

Desa Bontokape dusun sumbawa mina sarua SMS dan desa Darussalam  masih menjadi pusat pembuatan dan pusat kuliner produk Mina Sarua, Pembuatan Mina Sarua sendiri melibatkan keluarga dan anak-anaknya, sehingga dapat menjadi warisan untuk keturunan selanjutnya.

 

Baca Juga :


Pembuatan mina sarua ini dimulai dengan meracik bahan bahan pilihan berupa Beras, beras Ketan, Ragi, santan Kelapa, Jahe, Gula merah, tai minyak yang dibuat dari santan kelapa tua, pembuatan mina sarua juga membutuhkan waktu yang cukup lama yang minimal empat hari,  setelah semua bahan sudah tersedia dan proses pembuatan sudah selesai maka siap untuk dihidangkanWarung mina sarua Saijah Rusdin jln. lintas sumbawa 01

Selain dengan bahan bahan pilihan dan membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatan mina sarua ternyata mina sarua juga memiliki khasiat  yang sangat penting bagi kebugaran tubuh, menghangatkan badan, menambah stamina, mengobati penyakit mag, mencegah asam urat dan mengawetkan tubuh, Bagi anda yang baru saja bekerja keras, mina Sarua  sanggup melemaskan otot-otot anda serta menghilangkan rasa pegal-pegal karena capek dan mina sarua adalah minuman penghangat sebagai solusi saat Anda kedinginan.



 
Uba Leu

Uba Leu

Fitrah Zaiman biasa dipanggil Uba Leu lahir di Desa Leu Sila, anak kedua dari pasangan Deo Uba Tika dan Faridah, Adik dari Al Amin dan Abang dari Rabiatul Adawiah. #HiduplahMenghidupkan#

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image

Tipi Kampung

 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan