logoblog

Cari

Ares, Makanan Khas Lombok Saat Begawe

Ares, Makanan Khas Lombok Saat Begawe

Suatu daerah belum lengkap rasanya jika tidak menjajal makanan khas daerah tersebut. Makanan khas yang memang turun menurun dari nenek moyang

Kuliner Tradisional

Firman PurnaWirawan
Oleh Firman PurnaWirawan
25 Januari, 2019 13:42:20
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 14433 Kali

Suatu daerah belum lengkap rasanya jika tidak menjajal makanan khas daerah tersebut. Makanan khas yang memang turun menurun dari nenek moyang yang tidak bisa dilupakan, sama halnya dengan makanan ini. Ada makanan unik yang disuguhkan yang perlu kalian tau rasanya, karna ini merupakan khas Lombok yaitu Ares. 
Ares merupakan masakan yang tebuat dari pohon pisang, yang di kupas lalu di potong potong kecil untuk di jadikan masakan enak. Namun masakan ini sulit di dapatkan karena biasanya masakan ini sering muncul pada saat begawe atau upacara besar Lombok (Roah). 

Ares ini tidak akan kalian dapatkan di pasaran, minmarket, hotel, bahkan tempat penjualan makanan pun tidak ada, karena masakan ini hanya kalian temukan di acara gawe atau hajatan seperti orang nikah, sunatan, dan acara lainnya. 

Cara pembuatannya juga cukup berbeda dari yang lain yang membuhtuhkan waktu cepat, namun Ares ini di buat cukup lama dalam proses pembuatannya. Awalnnya pohon pisang di buat kecil kecil sehingga seperri masakan laiinnya. Setelah  itu diberi garam dan diremas baru dicuci untuk dimasak sesuai selera. Selain diolah dengan, kadang ares dimasak dengan daging sapi sebagai campuran gurih. Bumbunya juga cukup banyak sperti cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, laos, kemiri, jahe, kunyit, dan yang paling penting adalah santannya. Santan adalah sari kelapa yang diadon kemudian diremas hingga keluar santannya.Sayur ares ini semakin nikmat disantap dengan nasi punel hangat. 

Apabila saat hajatan tidak berhasil mendapatkan ares, biasanya diganti dengan sayur nangka muda atau sayur pepaya muda. Biasanya sayur ares dimasak dalam jumlah banyak untuk tamu undangan.
Kenapa sayur ares disuguhkan dalam hajatan di masyarakat Lombok? Ternyata ada kisah yang melatarinya. Konon, dulu warga Lombok pernah didera kekeringan berkepanjangan sehingga tak ada yang bisa dimakan. Hewan ternak banyak yang mati dan tanaman tak bisa tumbuh. Satu-satunya tanaman yang dapat tumbuh hanyalah pisang.

 

Baca Juga :


Bagi sebagian besar masyarakat pohon pisang dianggap tak bermanfaat sehingga seringkali dibuang. Namun bagi masyarakat Sasak Lombok  pohon pisang bisa diolah menjadi makanan yang nikmat sebagai sayur atau lauk. Makanan khas ini sudah menjadi khas yang memang tak akan hilang, namun dibuat pada saat acara saja. 
Jadi kalau kalian menadapat undangan acara besar ke Lombok, namun belum mencoba merasakan kenikmatan ares ini berarti belum puas ke lombok. Karena kalau maskan khas lombok sperti pelecing atau lainnya kalian bisa dapatkan dimana saja, namun Ares ini kalian hanya bisa dapatkan di acara besar orang Lombok saja. 



 
Firman PurnaWirawan

Firman PurnaWirawan

Nama saya Firman Purnawirawan. Saya kuliah di IAIN MATARAM dan masuk organisasi para sahabat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Saya anak ke dua dari tiga bersaudara.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Komentar Terbanyak

 

image

Tipi Kampung

 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan