logoblog

Cari

Pelecing Dan Sambal Beberok

Pelecing Dan Sambal Beberok

KM RENSING BAT - Pelecing adalah makanan khas masyarakat Lombok yang terbuat dari kangkung. Kangkung yang di gunakan pun bukan sembarang

Kuliner Tradisional

KM_Rensingbat
Oleh KM_Rensingbat
08 Maret, 2019 06:55:51
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 3502 Kali

KM RENSING BAT - Pelecing adalah makanan khas masyarakat Lombok yang terbuat dari kangkung. Kangkung yang di gunakan pun bukan sembarang kangkung, memiliki tekstur yang agak besar. Rasa kangkung Lombok berbeda dengan kangkung di daerah lain.

Cara pembuatan pelecing menggunakan kangkung cukup sederhana yaitu dengan merebus kangkung terlebih dahulu hingga matang dan di belah-belah memanjang. Setelah itu dicampur dengan sambal tomat yang pedas. Bumbu sambal tersebut adalah cabe rawit merah, tomat, garam, penyedap, terasi Lombok, dan perasan jeruk nipis.

Rasa terasi Lombok yang khas membuat rasa sambal pelecing ini sangat nikmat disantap bersama nasi putih, lontong, pesor ataupun ketupat.

Pelecing bisa kita jumpai dan nikmati di sebagian besar rumah makan di Pulau Lombok terutama di lombok timur bagian kecamatan sakra barat, deretan warung makan di sekitaran peteluan rensing misalnya, banyak warung-warung makan yang menyediakan pelecing kangkung terutama pada pagi dan sore.

Selain pelecing kangkung, masyarakat lombok juga sangat terkenal dengan sambal beberoknya yang khas dengan cita rasa pedas yang tentunya membangkitkan selera makan kita.

Beberok sendiri terdapat tiga versi yaitu ada yang menggunakan terong bulat mentah, ada yang menggunakan terong panjang yang dibakar dan ada yang menggunakan mentimun, ketiga buah tersebut bisa di campur bersamaan atau satu-satu tergantung banyak dan sedikitnya sambal beberok yang kita sediakan.

Khusus untuk terong mentah yang di iris kecil-kecil,kemudian dicampur dengan sambal tomat pedas. Jika menggunakan terong bakar, setelah agak dingin terong bakar tersebut di belah memanjang. Bumbu yang digunakan sama dengan bumbu pelecing dan bisa juga di bumbui menggunakan sambal beberok.

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan