logoblog

Cari

Kawatu Puru, Jajanan Yang Kian Langka

Kawatu Puru, Jajanan Yang Kian Langka

(KM. Sarangge) Ada juga yang menyebut Lawatu Puru. Penganan ini adalah penganan khas ladang. Para petani Bima di masa silam biasanya

Kuliner Tradisional

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
12 Maret, 2019 09:48:43
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 1343 Kali

(KM. Sarangge) Ada juga yang menyebut Lawatu Puru. Penganan ini adalah penganan khas ladang. Para petani Bima di masa silam biasanya membuat Kawatu Puru setelah selesai panen dan mereka akan kembali ke kampung. Nah...Kawatu Puru adalah buah tangan mereka dari ladang untuk sanak keluarga di kampung.

Kawata Puru dibuat dari beras ketan. Di dalamya dimasukan kelapa parut dicampur gula. Cita rasa gurih dan manis membuat penganan khas Bima ini menjadi enak dimakan sambil minum kopi atau minum teh. Menurut Ina Sei, penjual Kawatu Puru di Pasar Ama Hami Kota Bima, pembuatan Kawatu Puru dengan cara dibakar.” Setelah adonan selesai, maka Kawatu Puru dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar. “ Kata Ina Sei.

Saat ini pembuatan Kawatu Puru sudah jarang dilakukan. Di pasar Ama Hami Kota Bima saya temukan penjual Kawatu Puru. Stoknya hanya sedikit. Tetapi peminatnya banyak. Ada juga di seputaran Cabang Talabiu. Harganya murah meriah. Kawatu Puru dijual dengan harga Rp. 5.000 untuj tiga buah Kawatu Puru.Mari lestarikan jajanan tradisional Bima.(alan)

 

Baca Juga :


 



 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan