logoblog

Cari

Mengenang Masa Kecil Bersama Karaba Jago

Mengenang Masa Kecil Bersama Karaba Jago

Karaba adalah padi yang digoreng kering tanpa minyak.Karaba digoreng dengan Roa Dana atau periuk dari tanah liat. Masyarakat Bima mengenal Karaba

Kuliner Tradisional

alan malingi
Oleh alan malingi
21 Agustus, 2019 19:30:25
Kuliner Tradisional
Komentar: 0
Dibaca: 459 Kali

Karaba adalah padi yang digoreng kering tanpa minyak.Karaba digoreng dengan Roa Dana atau periuk dari tanah liat. Masyarakat Bima mengenal Karaba Jago dan karaba fare. Karaba Jago adalah jagung tua yang digoreng kering. Sedangkan Karaba Fare adalah padi yang digoreng kering juga. Proses Karaba juga dilakukan dengan sekam. Biasanya Karaba seperti dilakukan untuk Jagung tua pagi hari sambil menghangatkan dari cuaca dingin.

Karaba Fare sering menjadi penganan khusus upacara adat dan doa. Karaba menjadi salah satu syarat dalam Soji atau perlengkapan upacara upacara doa seperti melengkapi Soji pada acara khitanan dan berbagai macam riitual doa. Karaba juga disisipkan dalam Oha Mina,nasi dari beras ketan yang dikukus dan dicampuri minyak.

Belum diketahui apa maksud dan makna dalam penyertaan Karaba di setiap sajian atau hidangan dalam upacara dan doa pada masyarakat Bima. Karaba telah menjadi bagian penting yang wajib ada pada setiap upacara adat.

Di kelurahan Nitu dan Oi Fo o Kota Bima ada tradisi " Taji Karaba" atau lomba Karaba. Mana yang banyak dan keras wotu atau meletusnya itulah pemenang. Di desa desa, tradisi Karaba ini masih ada hingga saat ini. Pada masa lalu saya juga sering melakukan Karaba ketika udara dingin sambil Simbilombo tembe atau berselimut sarung pada pagi hari. Kita duduk mengelilingi " Untu" atau perapian dari sekam. Di pinggir untu kita mengeluarkan jagung atau ubi di dalamnya. Lalu dimakan bersama sama

 

Baca Juga :


Sungguh indah masa kecil bersama Karaba dan Untu. Kini di Mall dan swalayan kita sudah banyak menemukan Karaba Jago dengan mesin dan dicampur dengan aneka bahan. Terapi Karaba di kampung jauh lebih alami dan berkesan penuh kenangan.

 



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan