Dibalik Pedasnya Sambal "Beberok" Lombok

Sambal beberok memang merupakan menu yang mempunyai keistimewaan tersendiri. Sebuah restaurant ataupun rumah makan bisa terkenal dan ramai hanya karena sambel beberoknya yang sagat enak. Bagi orang Lombok sambal beberok dapat membuat selera makan meningkat.

Mungkin banyak kita yang tidak tahu apa sisi sehat dari sambal beberok, di balik nikmatnya sambal beberok ternyata terdapat zat-zat gizi yang dapat mencegah terjadinya stroke, penyakit jantung dan impotensi.

Mungkin di luar dugaan kita, kalau sesungguhya sambal beberok merupakan bahan makanan kaya akan zat gizi, dikarenakan bahan utama pembuatan sambal beberok adalah cabai rawit ini banyak mengandung vitamin C dan betakarotin ( pro vitamin A ), zat yang di kandung cabai rawit tersendiri mengalahkan buah-buahan popular seperti mangga, nanas, papaya ataupun semangka. Bahkan kadar mineralnya, terutama kalsium dan fosfor , mengungguli ikan segar.

Salah satu komponen yang memberikan unsure pedas pada cabai adalah komponen kapsaisin yang tersimpan dalam urat putih cabe tempat melekatnya biji cabai itu sendiri. Sebagian besar masyarakat di luar  Lombok membuat sambal beberok,  dengan cara membuang biji cabai bersama uratnya , ini di lakukan untuk mengurangi rasa pedas pada sambal beberok , padahal khasiat yang terkandung pada bagian urat cabai sangat besar disana tersimpan kapsaisin yang banyak mengandung zat-zat berguna bagi tubuh.

Menurut pakar kesehatan, kapsaisin yang ada pada cabai bersifat Antikoagulan, yaitu menjaga darah tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. bagi yanggemar makan sambal beberok dapat memperkecil kemungkinan menderita penyumbatan pembuluh darah ( aterosklerosis), sehingga mencegah munculnya serangan stroke dan jantung koroner serta impotensi.

Kapsaisin juga baik dikonsumsi pada saat kita sakit kepala , rasa kapsaisin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa dari pusat system syaraf. Terhambatnya perjalanan sinyal inilah yang akan mengurangi rasa sakit pada bagian kepala.pada saat yang bersamaan kapsaisin akan mengencerkan lendir, sehingga dapat melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung , termasuk sinusitis.

Inilah sedikit tentang kuliner yang ada dan turun temurun di Lombok pada khususnya, bahkan kuliner ini sudah menusantara bahkan mendunia ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,. [] 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru