Jajan Tradisional di Kampung Ku

KM. Sukamulia-Kampung ku punya banyak jenis jajan tradisional dan jenis jajan ini sering dibuat pada acara-acara peringatan hari besar agama seperti lebara, maulid, saat begawe dan sebagainya. Umumnya warga kampung ku yang perempuan bisa membuat berbagai jenis jajan teradisional tersebut.

Jajan yang biasa dibuat pada acara-acara peringatan lebaran adalah keciput, tempeyek, hadera/jaja sepit, kuping gajah, gerontong dan tarek.
Jajan yang dibuat pada saat acara begawe terdiri dari gegodoh/pisang goreng, lideran, cucur, cerorot, abuk, lupis pisang, pajak, pangan botok, pangan lembut, dan iwel.

Ada juga beberapa jenis jajan yang khusus dibuat pada acara-acara tertentu saja, misalnya bubur sura yang hanya dibuat pada saat perayaan Bubur Putik dan Jajan Wajik yang hanya dibuat pada saat perayaan acara Bubur Abang.

Masih banyak lagi jenis jajan tradisional yang dibuat sebagai sanganan/makanan yang dijajakan oleh beberapa orang pedagang di kampung ku. Misalnya, lupis, serabi, laklak, lempok, gegodoh sukun, bubur benyer, bubur reket, gegulik, besbes, kedeseh, jagung owol, jagung urap, ambon urap, gogos ambon jawa, sumping ambon, sumping walu dan pencok. Jajan-janan tersebut banyak ditemukan pada saat bulan puasa sebab jenis jajan tersebut sangat enak digunakan sebagai jajanan untuk berbuka puasa.

Demikianlah jenis-jenis makanan tradisional di kampung yang kami cintai ini (Dusun Sukamulia). Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

_By. Ilmawati/Tingkat SMP_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru