Masakan Tradisional Sasak, Sayur Ares

KM. Sajang Bawak Nao_ Siapa yang suka memasak sayur tradisional sasak sayur Ares? Ares adalah salah satu jenis masakan khas masyarakat suku sasak dan diwariskan secara turun-temurun olen nenek moyang sejak zaman dahulu. Ares biasanya ditemukan pada setiap orang akan melakukan upacara-upacara sukuran.

Lauk ares biasanya dihidangkan sebagai Pecawis atau masakan pendahulu yang di hidngkan pada setiap acara sukuran, karena tampa ares rasanya acara sukuran terasa tidak lengkap.

Lauk ares jarang sekali kita temukan kalok tidak ada acara-acara khusus, tapi kita bisa masak sendiri kok dirumah jika kita ingin makan ares.

Saya akan coba memaparkan bagaimana memasak ares kepada rekan-rekan peinta kuliner sasak.

Lauk ares dibuat dari bahan batang pisang yang sydah di kupas sampai kelihatan warna putih, setelah itu lalu ares di iris tipis dan rata. Setelah pengirisan selesai sudah tentu kita akan menemukan benang-benangnya yang berwarna putih, tapi jangnan hawatir itu bisa diersihkan dengan cara sebagai berikut :

  • Masukan ares kedalam bakulan
  • Taruhkan garam satu genggam
  • Ambil kayu sebagai pelilit benang ares kemudian
  • Remas-remas untuk pengurangan air ares

Setelah proses pengurangan air pada irisan batang pisang tersebut kemudian di buatkan bumbu sebagai berikut : Santan kelapa, cabe merah besar, cabe rawit, marica, kencur, pala, lada, garam, terasi dan penyedap rasa.

Semua bumbu yang sudah di sediakan di tumbuk jadi satu sehingga halus, kamudian di goreng sampai mateng.

Kemudian bumbu yang sudah di goreng tinggal dimasukkan kedalam panci yang akan di pakai memasak ares tersebut tapi jangan lupa masak santen sama bumbunya terlebih dahulu sampai mendidih, ingat jangan masukan irisan pohon pisang/ares sebelum kuahnya mendidih.

Nah..... jika sudah mendidih silahkan masukan potongan/irisan ares pisang tersebut, kemudian aduk perlahan-lahan sehingga semuanya rata kena dengan bumbu, ares pisang akan mateng ketika semua irisan sudah berubah warna menjadi coklat.

Nah, jika sudah tau mari mencoba memasak masakan tradisional siapa tau ntar ketagihan. [] - 05

 

BY: Hajrul Azmi ( Azmi Bolang Rinjani )

 

 

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru