"Sate Bulayak" Sajian kuliner

Pulau Lombok bukan hanya terkenal dengan wisata pantai yang sangat indah, tapi bisnis kuliner pun banyak ditemukan di pulau ini. Inilah Lombok, Propensi Nusa Tenggara Barat yang juga cukup terkenal dengan bisnis kulinernya. Salah satu jenis makanan khas Lombok yang menu utama pada berbagai bisnis kuliner adalah “Sate Bulayak”.

“Sate Bulayak” merupakan salah satu jenis makanan yang proses pengelolaannya dengan mempergunkan sistem pembakaran di atas bara api. Jadi tidaklah mengherankan kalau para pedagang “Sate Bulayak” sibuk dengan gerakan kipas di atas bara api.

“Sate Bulayak” ini memiliki cita rasa yang enak, namun cara makannya cukup unik. Cara makan ‘Sate Bulayak” terkait dengan arti dari “Bulayak” yaitu sejenis sejenis lontong yang dikemas atau dibungkus dengan daun enau atau daun kelapa dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga proses mengkomsumsi jenis makanan ini yaitu  terlebih dahulu harus membuka lingkaran daun yang membalut pada bulayak ini, yaitu dengan gerakan tangan berputar. Untuk satenya adalah terbuat dari daging sapi, daging kambing atau daging ayam  yang dilumuri dengan bumbu ala khas suku sasak. Begitu pun juga cara mengkomsumsi sate ini yaitu dengan mencocolkan ujung “Bulayak’ pada bumbu sate yang telah berlumur pada bagian atau sela-sela dari tumpukan sate yang tersedia di atas piring.

Bila kita berkunjung ke berbagai tempat kuliner “Sate Bulayak”, tidaklah mengherankan jika pedagang tidak menyediakan sendok dan garpu, karena proses untuk memakan “Sate Bulayak”, terutama pada saat membuka “Bulayak”, harus dengan membuka lingkarang daunnya dengan mempergunakan tangan, sehingga pedagang telah menyediakan kobokan (tempat cuci tangan berupa mangkok kecil).

Pada umumnya, orang sasak yang ada di Pulau Lombok gemar mengkomsumsi makanan yang memiliki rasa pedas. Namun pengunjung yang berdatangan di kuliner “Sate Bulayak”, bukan hanya orang sasak, olehnya itu pedagang menyiapkan sambel cabe, kecap manis di depan para pengunjung.

Usaha kuliner “Sate Bulayak” yang ada di Pulau Lombok, banyak ditemukan di berbagai objek wisata, seperti di Pantai Senggigih; halaman Pura Linsar; Taman Narmada; Taman Suranadi; Read More; dan tempat-tempat tertentu yang ada di pinggir jalan raya Mataram. [] - 05

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru