Lezatnya Ikan Bakar Masbagik

Hamparan kolam ikan dan kolam kangkung yang menghijau segar , sangat indah bila kita duduk di  sebuah lesehan yang atapnya bertutup jalinan alang-alang. Sembari menunggu hidangan makan siang yang akan diantar oleh pelayan, nampak pula indahnya sawah dan bunyi gemercik air yang yang jatuh dari pancuran bambu di atas kolam ikan. Selain itu, harum ikan bakar sayup-sayup menggoda indera penciuman. Inilah situasi di sebuah lesehan yang terletak di  Desa Masbagik Utara, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur. Lesehan ini bernama Rumah Makan Lesehan Purnama.


Ikan tawar bakar merupakan salah satu andalan lesehan yang ada di Lombok Timur ini. Harum minyak kelapa yang membalur pada pada seluruh permukaan ikan bakar, hingga membuat selera makan untuk menyantapnya. Tusukan dari bila-bila bambu yang panjangnya sekitar 30 cm turut menjadi keunikan pada ikan bakar yang siap disantap di tengah hamparan sawah ini. Begitu pun juga ketika di disobek bagian kulit dari ikan bakar ini, daging ikannya nampak putih dan terasa lezat dan segar.

Lezatnya ikan bakar yang terletak di Desa Masbagik Utara ini adalah karena mengandalkan olesan minyak kelapa  pada bagian tubuh atau kulit dari ikan tersebut. Proses pembakaran ikan diawali dengan terlebih dahulu membersihkan bagian-bagian dari ikan yang akan dibakar. Tahap selanjutnya, yaitu dengan melumurkan minyak kelapa wangi yang dicampur dengan sedikit garam pada setiap bagian ikan yang akan dibakar. Tujuannya agar tidak gosong di saat di panggang di atas bara api. Adapun campuran minyak kelapa dan garam ini tidak mengurangi kelezatan ikan  segar yang akan dibakar, justru menambah rasa gurih dan kelezatan pada bagian kulit hingga ke bagian dalam dari ikan bakar tersebut.

Kelezatan ikan bakar yang ada di pinggir jalan raya Masbagik Utara Lombok Timur ini adalah karena juga dilengkapi dengan sambal totok yang terbuat dari campuran ulekan cabai, bawang merah, terasi, dan garam. Meski terasa pedas di lidah, seperti sambal khas Lombok, sajian ikan bakar sambal totok ini tetap mengundang selera makan.