Serabi Khas Sajang

 


KM. Sajang Bawak Nao _ Berbagai macam jenis makanan tradisional asli dari Indonesia, salah satunya yaitu kue serabi. Kue serabi merupakan makanan yang sangat sering dijajankan oleh pedagang asongan yang ada di wilayah dusun Bawak Nao Sajang seperti yang dilakukan oleh Inaq Nul dan Inak Saep.

Kue serabi memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut karena diproses dari beberapa campuran tepung beras air dan garam pada saat proses memasak. Untuk resep kue serabi yang akan kami buat kali ini yaitu kue serabi dengan memiliki citarasa yang manis. Kue jajanan pasar ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Sajang Saja, akan tetapi kue ini juga banyak dinikmati oleh orang dari luar daerah yang datang berkunjung ke daerah Wisata karena Saat ini sajang merupakan bagian dari daerah wisata Gunung Rinjani . Kue serabi ini memang sudah populer, namun masih banyak yang belum mengetahui proses dan cara pembuatannya.

Kue serabi khas Desa Sajang Berbeda dengan kue serabi pada umumnya yang di jumpai di tempat / kota-kota launnya yang dimana serabi disajikan menggunakan santan, akan tetapi serabi yang berasal dari Sajang ini disajikan dengan menggunakan parutan kelapa yang disirami dengan cairan gula merah asli dari Sajang.


Baiklah kami akan membuat resepnya berikut ini, kue serabi dibuat dengan sangat sederhana dengan bahan-bahan sebagai berikut :

Bahan Kue Serabi :

  • 50 ml air
  • garam 1/2 sendok teh
  • 220 gr tepung beras

Bahan Kinca :

  • Kelapa parut
  • Gula merah

Cara Membuat Kue Serabi Manis :

  1. Siapkan tepung beras yang akan dibuat adonan
  2. Rebus air diatas api kecil sampai mendidih sambil diaduk-aduk
  3. Tuang rebusan air campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan
  4. Tuang adonan setiap 1 sendok sayur kedalam cetakan tanah liat yang sudah panas
  5. Tutup adonan dan tunggu sampai benar-benar matang, angkat dan tunggu sampai hangat
  6. Selanjutnya membuat parutan kelapa
  7. Buat saos manis menggunakan gula merah dengan sara dimasak sampai mencair

 

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru